EQUITYWORLD FUTURES – Sejak beberapa hari jelang musim mudik Lebaran 2015, bengkel yang menyediakan suku cadang atau toko khusus ban mendadak penuh. Kebanyakan pesepeda motor menyiapkan tunggangannya untuk dipakai jalan jauh, termasuk mengganti ban untuk keamanan.

Salah satu toko yang ramai dikunjungi adalah Planet Ban di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur. Memasuki bulan Juli 2015, toko ini dipadati pesepeda motor untuk mengganti ban. “Dibandingkan Juni, pengunjungnya dobel. Banyak yang ganti ban atau sekadar mengecek kondisi,” kata Hana Hijri, Leader 2 Planet Ban Pondok Kopi kepada KompasOtomotif, Selasa (14/7/2015).

Hana lantas memberikan data, jika rata-rata penjualan ban pada paruh pertama Juni adalah 50 per hari, paruh pertama Juli naik menjadi rata-rata 100 ban per hari. Bahkan pada akhir pekan, penjualan ban bisa mencapai 150 unit dengan omset mencapai Rp 35 juta.

“Orang-orang menunggu dekat-dekat Lebaran, baru ganti ban. Rata-rata memang dipakai untuk mudik. Apalagi, kami selalu memberikan pelayanan tambahan selain ganti ban, seperti cek kondisi oli atau pemeriksaan kondisi ban gratis,” kata Hana.

M Soleh, salah satu pengunjung yang mengganti ban, mengaku sedang menyiapkan sepeda motor untuk mudik. Ganti ban adalah ritual rutin jika memang kebetulan karet bundar dalam keadaan aus.

“Sebenarnya gak tipis-tipis amat, tapi kata petugasnya sudah benjol-benjol. Saya ganti yang baru biar aman,” ujar Soleh yang akan mudik ke Purwokerto.

Untuk melayani pelanggan, gerai Planet Ban buka hingga pukul 21.00 setiap hari. Tak hanya soal ban, gerai ini juga menyediakan pelumas sepeda motor dan bahan pelapis anti-bocor.