Joko Widodo (Jokowi) saat ini memiliki dua status yakni Gubernur DKI Jakarta dan presiden terpilih periode 2014-2019. Saat pagi hari, Jokowi akan melaksanakan tugasnya memimpin Jakarta dan sorenya Jokowi akan melanjutkan kegiatan sebagai presiden terpilih yakni ke kantor Transisi yang dibentuknya.

Pagi tadi, Jokowi berangkat ke Balai Kota tak membawa kendaraan dinasnya. Jokowi berangkat menumpang Kopaja. Alhasil, untuk menuju kantor Transisi di Jalan Situbondo nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 16.30 WIB, Jokowi yang mengenakan baju koko dan celana panjang menggunakan salah satu kendaraan milik Pemprov DKI Jakarta, Bus Enjoy Jakarta alias bus tingkat wisata gratis.

Pantauan merdeka.com, Jumat (8/8), bus yang ditumpangi Jokowi melaju melalui Jalan MH Thamrin ke arah Bundaran Hotel Indonesia (HI). Di lampu merah Bundaran HI, bus mengambil jalur kiri ke arah Taman Menteng lalu masuk ke Taman Kodok, dan berhenti di muka Jalan Situbondo.

Selama perjalanan Jokowi memperhatikan proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang berada di Jalan MH Thamrin. Sambil menunjuk-nunjuk proyek yang ditutupi oleh pagar seng, Jokowi tampak berbicara dengan salah satu ajudannya.