Norwegia merupakan tempat yang paling baik bagi manusia lanjut usia, menurut peringkat indeks kualitas manula di 96 negara.

Indeks Global AgeWatch yang disusun yayasan sosial Age International didasarkan pada ukuran kesejahteraan sosial dan ekonomi di kalangan warga berusia 60 tahun ke atas.

Diterbitkan pada hari Manula Internasional PBB, peringkat itu menempatkan Australia dan negara-negara Eropa barat di bagian atas dengan Afganistan di urutan paling bawah.

Adapun Indonesia berada di peringkat 71 dengan proporsi warga berusia 60 tahun diperkirakan akan bertambah 8,3 persen pada tahun 2014, dan 14,1 persen pada tahun 2030 dan mencapai 21,1 persen di 2050.

Indonesia mendapatkan nilai rendah dalam bidang kesehatan dan berada di bawah rata-rata negara-negara kawasan jika dilihat dari indikator tingkat harapan hidup. Namun nilai Indonesia cukup tinggi untuk ‘lingkungan yang mendukung’ dan masuk dalam peringkat bagian atas untuk keterkaitan sosial.

Pertambahan manula di Indonesia sejalan dengan rata-rata pertambahan global dengan 21 persen warga dunia pada tahun 2050 berusia 60 tahun ke atas. Sedang jumlah manula global pada tahun 2030 diperkirakan mencapai 1,4 miliar jiwa.

Pengukuran untuk peringat itu dilakukan atas keamanan pendapatan, kesehatan, kemampuan pribadi, dan apakah para manula itu hidup dalam ‘lingkungan yang mendukung’.

Beberapa negara Amerika Latin seperti Meksiko dan Peru berhasil meningkatkan indeksnya lewat komitmen untuk memberikan pensiun sosial kepada kaum manula yang miskin. Meksiko, misalnya, berada di peringkat 30 sedangkan Peru di peringkat 42.