EQUITYWORLD FUTURES – Seiring perkembangan zaman, teknologi yang ada di dalam kendaraan mengalami perubahan bentuk. Fitur-fitur atau desain beberapa bagian mobil yang dahulu merupakan sebuah tren, saat ini bahkan sudah bisa dikatakan usang.

Mengutip laman Carbuzz.com, Kamis (5/5/2016), setidaknya ada lima fitur dan bagian mobil yang cukup populer di era-nya, yang saat ini mungkin sudah tidak dpasang pabrikan di mobil baru. Ini menandakan kalau zaman dan gaya pengemudi yang sudah semakin berkembang.

carbuzz.com Pemantik rokok.

1. Pemantik rokok dan asbak di mobil.

Boleh jadi fitur tersebut ini sekarang sudah jarang ditemukan, walaupun masih ada dan hanya sebatas fitur optional. Pada tahun 1980 fitur pemantik rokok dan tempat untuk membuang abu, hampir diadopsi seluruh mobil. Sekarang hanya sekitar 16 persen mobil yang masih menggunakan fitur tersebut. Saat ini, pemantik rokok telah berubah menjadi tempat mengisi baterai telepon genggam atau smartphone.

2. Kursi depan depan panjang dan besar.

Desain bangku baris depan seperti ini juga sudah jarang ditemukan, karena semakin modern, desain mobil menjadi semakin compact (padat dan kecil). Kemudian untuk alasan keselamatan juga, saat ini bangku depan dibuat terpisah, antara penumpang dan pengemudi, dengan masing-masing memiliki fitur keselamatan pengaman (sabuk pengaman dan airbag).

3. Antena Panjang.

Dahulu fitur ini sangat diperlukan untuk menangkap sinyal radio, untuk menemani pengemudi ketika berkendara. Nampaknya sekarang ini akan terlihat lucu ketika melihatnya di jalan. Para insinyur modern telah membuat antena mobil lebih estetis dan berteknologi tinggi. Sehingga sanggup menangkap sinyal-sinyal radio meski tidak dengan ukuran kecil dan tersembunyi.

4. Kaset dan CD

Saat ini teknologi modern sudah mengakomodasi pengguna kendaraan roda empat, dengan perangkat yang semakin efisien. Sudah tidak perlu memakan tempat lagi untuk menempatkan CD dan Kaset di dalam mobil, hanya tinggal menggunakan USB atau disambungkan langung dengan smartphone. Dengan sesederhana itu, semua kebutuhan hiburan di dalam mobil sudah bisa dinikmati.