Jika sebelumnya Nvidia hanya dikenal sebagai produsen kartu grafis dan prosesor mobile, kini mereka segera meluncurkan sebuah tablet gaming terbaru yang bisa disambungkan dengan TV.

Seperti yang dilansir oleh Engadget (02/07), konsol game tablet bernama “Shield” ini lahir dengan teknologi baru dan mampu memainkan game secara wireless dari perangkat PC berteknologi Nvidia.

Sebelumnya Nvidia juga pernah membuat versi awal Shield yang memiliki kontroler dengan bentang layar 5 inci saja. Tetapi menurut hasil benchmark dari sebuah tablet baru Nvidia (yang kemungkinan besar Shield), didapat spesifikasi baru yang jauh lebih gahar.

Tidak ada lagi kontroler permanen yang menancap pada tablet selebar 7,9 inci dengan resolusi layar 2028 x 1536 piksel tersebut. Shield pastinya memakai prosesor milik Nvidia yang diketahui berjenis quad-core dengan tipe Tegra K1 terbaru. Untuk meningkatkan performa olah grafis dan pemrosesan data game, terdapat RAM hingga 2 GB.

Menariknya, secara tak sengaja Nvidia memposting informasi di websitenya jika Shield akan dibekali dengan teknologi 4G, membuatnya menjadi tablet dengan kisaran harga yang mahal atau high-end. Meskipun hingga saat ini belum ada konfirmasi tambahan dari Nvidia terkait harga dan tanggal rilis tablet gaming ini.