Saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin menjejakkan kaki mereka di Bulan tidak sedikit yang menganggap jika hal tersebut adalah sebuah rekayasa yang dilakukan oleh orang-orang di Hollywood. Akan tetapi kini salah satu produsen hardware kenamaan, Nvidia, berhasil mematahkan teori tersebut.

Nvidia menggunakan salah satu kartu grafis tercanggih mereka, GTX 900-series Maxwell untuk menganalisa foto-foto pendaratan yang kerap menjadi perdebatan, seperti foto yang memperlihatkan dengan jelas saat Buzz Aldrin turun dari tangga. Padahal, saat itu Buzz Aldrin sedang berada di balik bayangan pesawat ‘Lunar Lander’. Alhasil, banyak yang memprediksi pendaratan tersebut menggunakan lampu pencahayaan tambahan yang kerap ditemukan di lokasi syuting Hollywood.

Tetapi Nvidia mengemukakan teori lain. Berdasarkan hasil analisa dari GPU GTX Maxwell, diketahui jika cahaya tersebut datang dari sinar matahari di belakang Lunar Lander yang mengenai permukaan Bulan, lalu baju Neil Armstrong, sebelum akhirnya cahaya tersebut menyorot Buzz Aldrin, PC World (22/09).

Usaha analisa foto pendaratan manusia pertama di Bulan tersebut juga dilakukan dengan menyeluruh. Nvidia turut meneliti data debu Bulan hingga mengukur tingkat pemantulan cahaya dari baju astronot milik Buzz Aldrin dan Neil Armstrong.

Lebih lanjut, Nvidia menggunakan kemampuan GPU GTX Maxwell untuk menganalisa proses pembiasan cahaya yang terjadi di ‘voxel’ atau bentul 3D dari sebuah piksel gambar. Lewat cara ini, Nvidia berhasil mengungkap sumber cahaya yang terus menyorot Buzz Aldrin saat turun dari tangga, yakni baju astronot Neil Armstrong.