EQUITYWORLD FUTURES – Sepeda motor mogok di jalan merupakan situasi yang sangat tidak diharapkan. Namun terkadang, kondisi tersebut kerap kali terjadi, dan jarang ada yang bisa mengantisipasinya. Untuk menghindari hal tersebut, perhatikan faktor yang dapat menyebabkan tunggangan Anda mogok di jalan.

Fauzan Rifai, Service Advisor Yamaha Miki Motor Duren Sawit mengatakan, setidaknya ada empat hal yang bisa menyebabkan Skutik mogok mendadak. Faktor pertama yang seringkali terjadi pada Skutik, yaitu pada aki.

“Kebanyakan pemilik Skutik lebih memilih menggunakan starter electric ketika pertama kali menyalakan pada pagi hari, berbeda dengan pengguna sepeda motor bebek. Padahal seharusnya secara manual terlebih dahulu, baru selebihnya menggunakan elektrik, agar aki tetap awet. Selain itu, juga kurangnya perhatian terhadap lampu indikator pengingat aki, yang sudah terdapat pada semua Skutik injeksi Yamaha,” ujar Fauzan, Selasa (22/9/2015).

Kedua, lanjut Fauzan, yaitu hilangnya kompresi pada mesin sepeda motor. Hal ini terjadi biasanya karena mesin terlalu panas. Jika ini terjadi, baiknya diamkan kendaraan sejenak (30 menit), kemudian coba nyalakan kembali.

Ketiga, pemilik kendaraan terlambat mengganti oli mesin yang baru, padalah waktu pergantiannya sudah lewat. “Selain aki, yang sering terjadi yaitu karena oli mesin yang kurang, sehingga mesin cepat panas,” ujar Fauzan.

Kemudian yang terakhir, kata Fauzan, mogok pada sepeda motor yang menganut sistem injeksi yaitu penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang kotor. Pemilihan BBM sendiri, selain harus sesuai dengan kebutuhan mesin, juga harus diperhatikan tingkat kebersihannya.

“Semua kondisi tersebut dapat diatasi saat pemilik kendaraan sangat perhatian terhadap kendaraannya, dengan cara merawat dan servis dengan teratur,” ujar Fauzan.