EQUITYWORLD FUTURES – Ketahanan oli transmisi matik pada kendaraan roda empat merek Mercedes Benz ternyata cukup lama. Penggantian dilakukan ketika warning light pada panel indikator mulai menyala, kemudian munculnya ciri-ciri lain yang bisa jadi parameter.

Ferdiyan Eka Surya selaku Deputy Director After Sales Technic & Services Mercedes-Benz Indonesia mengatakan,tidak ada waktu yang jelas kapan harus melakukan pergantian, karena memang usianya cukup lama.

“Untuk kendaraan Mercedes-Benz (MB) tidak ada waktu yang spesifik, tapi selama Automatic Transmission Fluid (oli transmisi matik) tersebut masuk dalam MB spec sheet, dan ada di daftar referensi oli Mercy yang bisa digunakan pada mobil ini, lifetime-nya cukup lama,” ujar Ferdiyan, Rabu (30/9/2015).

Ferdiyan menambahkan, usia penggantian oli transmisi matik untuk mobil yang sering digunakan di jalan yang macet khususnya di jalan Jakarta, tetap sama dengan pemakaian normal. “Sama saja untuk daerah macet atau tidak,” ujar Ferdiyan.

Jadi, lanjut Ferdiyan, ciri-ciri yang bisa dirasakan pengemudi Mercy saat oli transmisi matiknya sudah habis dan harus diganti, yang paling umum biasanya adalah adanya warning light, dan ada rasa berbeda ketika melakukan perpindahan transmisi.

“Biasanya yang dialami itu selip atau ketika transmisi dipindahkan, mobil akan terasa menyentak. Hal tersebut merupakan salah satu ciri oli matik harus diganti,” ujar Ferdiyan.