Orbit Digital dan Geschool kembali menyelenggarakan Olimpiade Online Nasional Piala Hasri Ainun Habibie 2014.

Kegiatan ini sendiri bakal menargetkan siswa berusia remaja di Seluruh Indonesia untuk menjadi peserta dan berpartisipasi dalam kompetisi ini.

Melihat besarnya jumlah remaja yang mengakses internet secara reguler di Indonesia yang mencapai 75 juta pengguna berdasarkan survei nasional yang dipublikasikan awal tahun tepatnya 18 Februari 2014 oleh UNICEF, Harvard University, bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Maka tercetuslah ide diadakannya Olimpiade Online Nasional terbesar ini.

“Siswa Indonesia semakin akrab dengan media online yang multimedia, interaktif, dan komunal. Olimpiade Online adalah pendekatan edutaiment yang berkualitas dan trendy untuk memacu prestasi dengan cara yang fun.” ujar DR. Ing. Ilham Akbar Habibie, Komisaris Utama Orbit Digital dalam press release yang diterima merdeka.com (16/9).

Dalam Olimpiade kali ini Orbit Digital bekerjasama dengan Geschool, sebuah jejaring sosial berbasis edukasi. Dengan kerja sama ini, kompetisi Olimpiade Online Nasional dapat diikuti oleh 100.000 siswa/i yang mewakili 10.000 sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat secara online se-Indonesia.

Selain harapan dapat mencapai target lebih dari tahun sebelumnya, partisipasi pelajar tingkat remaja juga akan menjadi target utama dari kompetisi tahun ini.

“Antusiasme peserta dari sekolah di seluruh Indonesia terhadap kompetisi ini sangat tinggi, terutama dari kalangan Remaja tingkat SMP dan SMA. Tahun lalu, 50 persen dari 10.000 peserta yang mendaftar berasal dari tingkat SMA. Karena itu tahun ini kami menambah prosentase pada peserta tingkat SMA atau remaja,” ujar Muhammad Andy Zaky, Direktur Utama Orbit Digital.

Kegiatan Olimpiade Online Nasional 2014 ini dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu :

1. Pendaftaran, dibuka pada 8 September dan ditutup pada 5 Oktober 2014
2. Tingkat Kabupaten/Kota yang berlangsung pada tanggal 13 24 Oktober 2014
3. Tingkat Propinsi pada tanggal 37 November 2014
4. Tahap semifinal dilangsungkan pada tanggal 19 20 November 2014
5. Tahap final dilaksanakan pada tanggal 27 November 2014

Sedangkan untuk penyerahan hadiah dan penganugerahan akan dilangsungkan di Jakarta pada tanggal 17 Desember 2014. Untuk Informasi dan pendaftaran Olimpiade Online, Anda dapat langsung mengakses www.olimpiadeonline.orbitdigital.net