EQUITYWORLD FUTURES – Opera meluncurkan aplikasi VPN gratis dan tidak terbatas untuk perangkat iPhone dan iPad. Sebelumnya, layanan serupa sudah lebih dulu dihadirkan secara terintegrasi di peramban Opera versi PC.

Aplikasi yang dinamakan Opera VPN tersebut membebaskan pengguna untuk membuka semua situs yang ada, tanpa harus terhadang pemblokiran di sebuah negara. Privasi pun diklaim lebih terjamin karena aplikasi ini mampu secara otomatis menghilangkan cookies pelacak iklan saat dioperasikan.

Dihimpun KompasTekno dari keterangan resmi Opera, Selasa (10/5/2016), aplikasi tersebut baru tersedia di beberapa negara dengan pilihan bahasa yang terbatas pula. Antara lain Indonesia, Inggris, Arab, Perancis, Jerman, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Lokasi server pun baru lima, yakni Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Singapura, dan Spanyol.

Selain bisa membuka semua situs, VPN juga dinilai cocok bagi netizen yang berada di lingkungan pendidikan atau kantor. Pasalnya, lingkungan tersebut kerap kali membatasi akses terhadap media sosial atau situs video-streaming.

“Dengan aplikasi Opera VPN yang baru, kami memungkinkan pengguna untuk menikmati kebebasan berselancar di internet sebagaimana seharusnya,” kata Senior Vice President VPN Products Opera Chris Houston.

VPN atau virtual private network adalah sebuah jaringan yang dapat dihubungkan ke perangkat seseorang melalui internet. Intinya, saat berada di sebuah negara, pengguna bisa mengoperasikan perangkatnya seperti seakan-akan berada di negara lain.

Alhasil, pengguna dapat mengakses lebih banyak konten karena tak perlu takut dengan pemblokiran akses ke situs tertentu yang ditetapkan suatu negara.

Belum jelas kapan Opera VPN bakal tersedia untuk pengguna Android. Yang jelas, pengguna iOS dapat segera mengunduh aplikasi tersebut melalui Apple App Stor