Alat satu ini sangatlah penting bagi para koki atau juga orang-orang yang gemar memasak. Oven microwave merupakan salah satu perangkat masak yang menggunakan elektronik dan tercipta secara tidak sengaja oleh penemunya.

Seorang insinyur sekaligus penemu dari Amerika Serikat bernama Percy Lebaron Spencer berhasil menjadi penemu sebuah oven microwave secara tidak sengaja setelah melakukan suatu uji coba mesin baru di Rayheton.

Pada saat sedang melakukan ujicoba dalam pembuatan sesuatu yang dinamakan magnetrons, Spencer berdiri di depan mesin radar yang menggunakan sinyal radio microwave.

Tanpa dia sadari, permen yang ada di dalam sakunya tiba-tiba meleleh. Awalnya, Spencer tidak menyadari hal tersebut, namun setelah dia mengetahui keanehan itu, Spencer dengan cepat melakukan penelitian dan uji coba.

Dalam uji coba pertamanya itu, Spencer memutuskan untuk menggunakan bahan makanan (biji jagung) dan di uji coba keduanya, dia memakai telur.

Setelah berhasil mengembangkan temuannya itu menjadi satu alat untuk memanaskan makanan, maka pada tanggal 08 Oktober 1945, Spencer mengirimkan hak paten teknologi tersebut dan sekaligus membuat satu perangkat pertama yang dinamakan Radarange.

Namun, hak paten akan oven microwave tersebut akhirnya berpindah tangan ke Raytheon selaku tempat Spencer bekerja dan mesinnya diperkenalkan ke publik pertama kali pada tahun 1955.

Mulai dari bentuknya yang sangat besar dan membutuhkan daya listrik tidak sedikit pula, akhirnya oven microwave berhasil dikembangkan secanggih mungkin dan muncul dalam berbagai desain atau model.