EQUITYWORLD FUTURES – Indonesia akan menjadi jalur yang dilewati kapal pesiar asal Perancis dan dianggap salah satu yang paling diminati wisatawan tahun 2016. Pasalnya, kapal pesiar tersebut menawarkan paket wisata menikmati gerhana matahari total (GMT) untuk para wisatawan.

Dilansir dari The Telegraph, paket wisata kapal pesiar sambil melihat GMT akan melewati wilayah Indonesia pada 9 Maret 2016. Posisi kapal pesiar Ponant yang bernama Le Soleal akan berlayar dari pulau-pulau di Indonesia yakni Ternate dan Tidore ke Taman Laut Bunaken. Kapal pesiar milik Perancis tersebut hanya akan membawa penumpang sebanyak 264 orang dan menjadi kesempatan yang sangat langka untuk melihat kegelapan di siang hari.

Sementara, GMT akan dimulai pada pukul 10.00 dan berlangsung selama 249 detik. Harga yang ditawarkan untuk menikmati paket wisata kapal pesiar itu seharga 4.360 euro per orang dan akan berangkat pada 4 Maret 2015.

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI GHOZALI Anggota Jogja Astro Club tengah mengamati fenomena alam gerhana matahari sebagian yang terlihat dari Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Jumat (10/5/2013). Gerhana matahari sebagian tersebut berlangsung mulai pukul 05.58 WIB hingga pukul 06.25 WIB.

Tren wisata kapal pesiar saat ini, terdapat permintaan khusus untuk perjalanan kapal pesiar dengan tema-tema khusus dari wisatawan seperti Olimpiade, kejuaraan formula satu, hingga perjalanan St. Petersburg selama Piala Dunia tahun 2018. Paket-paket wisata itu belum dijual tapi jika telah dirilis, kemungkinan akan cepat habis terjual.

Selain perjalanan melewati Indonesia, masih terdapat sembilan paket wisata kapal pesiar yang dianggap paling diminati wisatawan walaupun belum dirilis untuk dijual. Paket-paket wisata tersebut seperti menuju Lisbon dan Cadiz pada Juli 2016 dalam rangka merayakan 60 tahun Tall Ship Race yang telah dimulai pada 1956.

Perjalanan lain yang dianggap diminati oleh wisatawan seperti jalur pelayaran dari Dublin ke Reykjavic dengan kegiatan yang ditawarkan seperti melihat ikan paus di Greenland, bermain kayak di tengah bongkahan es, dan juga melihat gletser. Pelayaran delapan hari dari Antwerp, Belgia menuju Belanda juga termasuk ke dalam 10 daftar paket wisata kapal pesiar yang akan diminati.

KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN Kapal pesiar L’Austral du Ponant singgah di pesisir pantai di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, selama lebih kurang dua jam, Jumat (6/3/2015) petang. Kapal asal Perancis dengan bobot mati 10.098 gros ton dan panjang 145,21 meter itu membawa 200 wisatawan dari sejumlah negara serta 140 kru kapal.

Rute-rute pelayaran kapal pesiar lain seperti Laut China Selatan dan Jepang pada tahun 2017, rute Amerika Selatan (tempat penyelenggaraan Olimpiade 2016), rute Buenos Aires ke Brasil untuk melihat pesta parade dan karnaval terbesar di dunia, rute Inggris ke Irlandia untuk merasakan kontes di Pelabuhan Holy Lonch, rute berlayar di Sungai Salween (Burma) selama 8 hari, rute pelayaran musik klasik di Jerman, pelayaran dengan pekan mode yang diselenggarakan di atas kapal pesiar dari Southampton ke New York, dan pelayaran menuju tempat penyelenggaraan Grand Prix Monaco.