EQUITYWORLD FUTURES – Bagi Anda yang berniat membeli kaca film untuk mobil kesayangan, wajib punya pengetahuan sebelum memutuskan. Beragamnya produk kaca film di pasar aksesori aftermarket saat ini, bisa membuat pusing kepala. Belum lagi melihat harga yang ditawarkan, mulai dari ratusan ribu sampai belasan juta rupiah tersedia.

Nah, supaya Anda tidak salah memilih jenis kaca film yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya budget yang tersedia, ada panduan sederhananya. Masukan ini disampaikan oleh Agus Setiadi, pemilik toko Griya Auto Film di Lantai 5, Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat.

Menurut Agus, hal pertama yang wajib dilakukan ketika memilih kaca film adalah mempelajari karakteristik dari produk yang mau dibeli. Kaca film yang baik adalah tetap terlihat terang ketika dilihat dari dalam kabin, baik oleh pengemudi maupun penumpang. Pasalnya, saat ini banyak produk-produk bekeliaran ketika dilihat dari dalam, pandangan juga redup.

“Kalau yang dilihat gelap dari dalam itu yang berbahaya, karena bisa menggangu pandangan pengemudi ketika berkendara,” ujar Agus saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (6/8/2015).

Langkah kedua, lanjut Agus, cari kaca film yang bisa menolak sinar matahari dengan baik. Termasuk di dalamnya, kemampuannya menolak panas dan sinar ultraviolet yang terkandung dalam pancaran matahari. Semakin tinggi, biasanya harga ikut terkompensasi juga, jadi bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Ketiga, Anda harus mencari kaca film yang memiliki garansi, sehingga jika terjadi kerusakan yang tidak disengaja tetap bisa diganti atau bisa klaim. Lewat garansi, konsumen juga terlindung dari produk-produk palsu yang beredar di pasar.

Terakhir yang tak kalah pentingnya adalah menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. “Sekarang ini sudah banyak kaca film yang harganya terjangkau tapi kualitasnya juga tak kalah bagus,” kata Agus.

Soal pilihan merek, Agus menyebutkan beberapa yang favorit konsumen, antara lain Signature, Radium, dan Spektrum menawarkan harga kompetitif dengan kualitas mumpuni. Namun, jika dana mencukupi merek-merek ternama seperti 3M, IceBerg, dan V-Kool sudah tidak perlu diragukan lagi keunggulannya.