EQUITYWORLD FUTURES – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Bupati Kabupaten Jember, Jawa Timur, menemukan 126.813 data ganda pemilih, dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pelaksanaan Pilkada Jember.

“Data itu kami dapat setelah kami melakukan pengawasan dan melakukan verifikasi dalam DPS pilkada. Ada data ganda berupa nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan alamat,” ungkap Anggota Panwaslih Kabupaten Jember, Nur Elya, Anggraini, Senin (21/9/2015).

Menurut Elya, data ganda tersebut tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Jember. “Cukup merata data ganda tersebut, dan ditemukan di seluruh kecamatan,” kata Ely.

Atas temuan tersebut, Panwaslih Kabupaten Jember akan meminta kepada KPU setempat untuk melakukan perbaikan DPS sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kita akan merekomendasikan kepada KPU temuan tersebut, untuk segera ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan, agar kualitas pilkada lebih baik,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Jember, Ahmad Hanafi, ketika dikonfirmasi, mengaku siap untuk melakukan perbaikan DPS tersebut. “Prinsipnya kita siap menindaklanjuti temuan tersebut, untuk itu kita masih menunggu rekomendasi dari Panwaslih,” ucap Hanafi.