EQUITYWORLD FUTURES – Para pengusaha asal Pulau Bawean, yang tergabung dalam Persatuan Saudagar Bawean (PSB) menggelar kongres di Surabaya, Minggu (29/5/2016).

Isu yang menjadi pembahasan utama dalam kongres pertama itu adalah mempromosi pariwisata Bawean.

Lebih dari 150 pengusaha asal Pulau Bawean yang sukses di berbagai daerah termasuk luar negeri itu memiliki satu pandangan yang sama untuk mengembangkan potensi pariwisata Pulau Bawean.

“Wisata bahari di Pulau Bawean sebenarnya memiliki potensi ekonomi yang tinggi, hanya saja jarang diekspos media,” kata Dewan Pembina PSB, Yahya Zaini.

Usai kongres, para pengusaha Bawean akan membuat langkah nyata dalam mempromosikan potensi wisata daerahnya.

KOMPAS.com/Achmad Faizal Kongres I Persatuan Saudagar Bawean, Minggu (29/5/2016)

“Kita sudah susun rencana pengembangan dari sisi sarana dan prasarana, maupun SDM pelaku wisatanya, termasuk menggelar event-event dalam agenda wisatanya,” kata Yahya yang juga politisi Partai Golkar ini.

Deputi Menko Maritim dan Sumber Daya Manusia, Iptek dan Budaya Maritim, Safri Burhanuddin, menyarankan, Pemerintah Kabupaten Gresik selaku pemilik Pulau Bawean bisa meniru Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan dan memajukan wisata di Pulau Bawean.

“Pulau Bawean adalah surga wisata yang masih tersembunyi, tugas warganya untuk mempromosikan ke publik,” ujarnya.

Awal Februari lalu, pemerintah mengoperasikan Bandar Udara Harun Thohir, Bawean sebagai bandara perintis.

Berdasarkan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 194 Tahun 2015, tentang tarif angkutan udara perintis tahun 2016, tarif penerbangan dari Surabaya ke Bawean ditetapkan sebesar Rp 302.200.

KOMPAS/ADI SUCIPTO Lapangan Terbang Harun Thohir di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, resmi beroperasi pada Sabtu (30/1/2016).

Sementara untuk penerbangan sebaliknya dari Bawean menuju Surabaya, ditetapkan sebesar Rp 244.200.

Rute perintis dioperasikan oleh maskapai penerbangan Airfast Indonesia setiap hari Selasa dan Kamis.

Sejumlah titik destinasi wisata Pulau Bawean yang layak dikunjungi antara lain Danau Kastoba, Pulau Gili, Penangkaran Rusa Bawean, Pantai Kuburan Panjang, Tanjung Gaang, dan Pulau Noko Selayar.