Pada awal perdagangan pada hari Jumat, pasar global bertahan stabil atau sedikit tergelincir karena investor melihat data beragam dan mengamati katalis berikutnya.

PT. Equityworld Futures Semarang : Pasar stabil di awal perdagangan Asia di tengah hari libur regional

Indeks S & P / ASX 200 Australia terakhir turun 0,15% dan berjangka untuk S&P 500 turun 0,1%.

Pasar di Greater China dan sebagian besar Asia Tenggara tutup pada hari Jumat untuk liburan Tahun Baru Imlek. Pasar saham dan obligasi China, pasar valuta asing, dan komoditas berjangka ditutup hingga 17 Februari untuk liburan.

Perdagangan di Amerika Serikat dan Eropa pada hari Kamis tidak cukup menggerakkan harga untuk memberikan banyak arahan, kata Tom Piotrowski, seorang analis pasar di CommSec di Sydney.

“Kami tidak mendapatkan banyak petunjuk dari belahan bumi utara,” kata Piotrowski. “Pasar berada dalam sedikit pola bertahan menunggu katalis berikutnya dan ini hanya pertanyaan apakah katalis itu akan menjadi positif atau negatif.”

Pasar saham dunia bertahan mendekati rekor tertinggi pada hari Kamis karena investor mempertimbangkan beberapa data ekonomi hangat terhadap peningkatan vaksinasi terhadap COVID-19 dan prospek bahwa lebih banyak pengeluaran pemerintah dan uang murah yang berkelanjutan dari bank sentral akan mendorong pertumbuhan yang lebih tinggi dan, pada akhirnya, inflasi.

Indeks ekuitas dunia MSCI, yang melacak saham di 49 negara, naik 0,25% pada hari Kamis, menambahkan kenaikan sembilan hari berturut-turut.

Di Wall Street, Nasdaq dan S&P 500 masing-masing naik 0,4% dan 0,2%, sementara Dow Jones Industrial Average turun 0,02%.

Harga berada di dekat rekor karena investor bertaruh pada lebih banyak pengeluaran pemerintah, meskipun antusiasme mereda ketika Presiden AS Joe Biden memperdebatkan lebih banyak belanja infrastruktur dengan mengatakan sebagian bahwa China siap untuk “makan siang kita.”

Pemerintah AS melaporkan bahwa klaim pengangguran mingguan turun sedikit minggu lalu, tetapi tidak sebanyak yang diharapkan ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Masalah pasar tenaga kerja seperti itu telah memperkuat dorongan Biden untuk meningkatkan pengeluaran. Biden, dalam pertemuan pada Kamis dengan anggota Kongres, mengatakan dia akan meminta investasi besar dalam infrastruktur AS.

Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat harus meningkatkan permainannya dalam menghadapi persaingan dari China. “Jika kami tidak bergerak, mereka akan makan siang kami,” katanya.

Studi menunjukkan sekitar separuh jalan di AS dalam kondisi buruk atau sedang-sedang saja dan sepertiga jembatan perlu diperbaiki atau diganti.

Upaya infrastruktur, kata analis, dapat menambah triliunan dolar lebih banyak pengeluaran untuk tagihan stimulus darurat $ 1,9 triliun yang diminta Biden Kongres untuk disahkan.

Hasil pada Treasury AS 10-tahun terakhir di 1,1648, 3 basis poin lebih tinggi dari hari sebelumnya dan perubahan satu hari terbesar minggu ini.

Penawaran yang lebih lemah untuk Departemen Keuangan datang karena permintaan yang lemah untuk $ 27 miliar obligasi 30 tahun baru pada hari Kamis. Awal pekan ini, permintaan yang kuat untuk penjualan baru surat utang bertenor 10 tahun dan tiga tahun menekan hasil.

Investor obligasi telah menyulap prospek peningkatan pasokan Treasury dengan mengubah pandangan untuk pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang lebih cepat.

Indeks dolar melayang 0,02% lebih rendah pada Jumat pagi setelah turun untuk hari keempat pada Kamis karena data klaim pengangguran AS yang lemah. [FRX /]

Minyak mentah AS tidak berubah Jumat pagi di $ 57,92 per barel. Minyak mengakhiri rekor kenaikan beruntun pada hari Kamis setelah OPEC dan Badan Energi Internasional mengatakan penguncian baru dan munculnya varian virus korona baru mengurangi prospek pemulihan permintaan yang cepat. [ATAU]

Bitcoin Cryptocurrency [BTC = BTSP} naik / turun 6,9% pada hari itu di $ 47.937,82 pada 2310 GMT setelah mencetak rekor tertinggi $ 48.481,45 pada hari Kamis. Langkah tersebut dilakukan setelah BNY Mellon mengatakan akan membentuk unit baru untuk membantu klien memegang, mentransfer, dan menerbitkan aset digital.

Spot emas terakhir naik 0,05% menjadi $ 1,826.30 per ounce. Emas berjangka AS ditutup turun 0,9% pada hari Kamis. [GOL /]

Source : reuters