PDIP mengakui kekalahannya dalam pemilihan pimpinan MPR di paripurna lalu. Namun PDIP tak mau kekalahan ini dilimpahkan kepada ketua Fraksi PDIP Puan Maharani yang gagal melakukan komunikasi politik dengan fraksi-fraksi lain.

Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, sudah bekerja keras untuk memenangkan pimpinan MPR dan di bawah koordinasi Puan. Akan tetapi dia menyatakan, kekalahan yang terjadi adalah tanggung jawabnya bukan Puan.

“Kita sudah kerja semuanya di bawah koordinasi Mbak Puan ketua fraksi, kalau voting kalah ya karena jumlah kursi PDIP pemenang pemilu kan tidak mayoritas. Saya sebagai sekjen PDIP yang bertanggung jawab,” kata Tjahjo dalam pesan singkat, Jumat (10/10).

Tjahjo mengakui kekalahan di MPR karena sudah melalui mekanisme yang demokratis. Dia juga tak masalah jika nanti pada akhirnya Koalisi Prabowo kuasai seluruh alat kelengkapan dewan di DPR.

“Tak masalah Koalisi SBY-Prabowo kuasai pimpinan MPR+Pimpinan DPR dan sapu semua pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya,” tegas dia.