EQUITYWORLD FUTURES – Saat iPhone 6 mulai dijual, smartphone andalan Apple tersebut diterpa isu “bendgate.” Banyak yang melaporkan ponsel itu bengkok saat ditaruh di saku celana belakang.

Kini dengan penerusnya, iPhone 6S yang mulai dijual, memang belum ada kasus yang membuat heboh. Namun sejumlah pengguna mulai mengeluhkan hardware yang sama di forum-forum. Hardware apa saja yang dimaksud?

Dikutip Nextren dari Phone Arena, Senin (5/10/2015), kendala-kendala yang banyak dikeluhkan di forum Apple support adalah fitur Touch ID, 3D Touch, dan speaker di iPhone 6S dan 6S Plus.

Tombol Home yang juga berfungsi sebagai pemindai Touch ID di iPhone 6S dan 6S Plus dilaporkan pengguna sering terasa “panas yang membakar” dan ponsel tidak bisa dinyalakan.

Beberapa pengguna juga melaporkan ponsel tiba-tiba mematikan diri (shutting off) walau masih ada daya baterai yang tersisa, dan sulit untuk menyalakannya kembali. Belum diketahui apakah dua kendala tersebut di atas saling berkaitan.

Fitur 3D Touch juga dikomplain tidak bekerja sebagaimana mestinya, termasuk tidak bisa membuka tautan di browser Safari. Namun keluhan ini nampaknya bisa diperbaiki sementara dengan me-restart ulang ponsel.

Sementara dalam hal speaker, pengguna mengkomplain suara yang dihasilkan speaker iPhone 6S dan 6S Plus terdengar “sember” (distorsi), notifikasi yang dibunyikan sangat kencang seperti membuat speaker akan meledak.

Sebelumnya, muncul juga keluhan panas dalam iPhone 6S dan 6S Plus, terutama saat kamera ponsel dioperasikan.

Hal tersebut terendus dari obrolan di forum online Reddit. “Sekali Anda membuka aplikasi kamera, Anda akan mendapat peringatan bahwa flash tidak dapat digunakan,” kata salah satu anggota forum.

“iPhone butuh pendinginan sebelum Anda menggunakan flash,” begitu tertera pada layar saat membuka aplikasi kamera, sebagaimana dilaporkan PhoneArena ketika itu.

Apple belum mengeluarkan pernyataan resminya terkait komplain-komplain ketiga hardware yang dikeluhkan pengguna iPhone 6S dan 6S Plus seperti di atas.