Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kesal saat mendapat kabar taman di sekitar Patung Kuda, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, rusak. Taman indah ini hancur karena terinjak-injak saat terjadi kericuhan antara pendukung Prabowo dan polisi.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman, Nandar Sukandar, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk memetakan taman-taman dan jalur dirusak. Nandar memerintahkan Kepala Jalur Hijau Jalan, Sumardiono, untuk menyelesaikan kerusakan tersebut.

“Benar, sedih sekali saya. Sudah lihat. Nanti sore kalau memang sudah bubar benaran, tadi juga saya ngomong dengan pak Gubernur, saya perintahkan Kepala Jalur Hijau Jalan, Pak Sumardiono untuk langsung memetakan kerusakannya, nanti besok mudahan-mudahan selesai, mudah-mudahan bisa langsung diperbaiki,” ujar Nandar saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (21/8).

Nanda menegaskan perbaikan taman tersebut bersifat situasional yaitu bisa diperbaiki setelah melihat situasi yang kondusif. Menurut Nandar, taman-taman yang berada di ring 1 mengalami kerusakan.

“Saya tadi kebetulan lihat, pas dari paripurna. Tak hanya Medan Merdeka Barat dan Patung Kuda, Medan Merdeka Selatan juga ada imbas. Saya langsung lihat berkeliling, tapi enggak detail,” kata Nandar.