Para traveler atau orang yang suka bepergian ternyata juga rentan mengalami gangguan kesehatan. Terutama oleh mereka yang bepergian dengan menggunakan pesawat terbang. Salah satunya adalah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh perbedaan tekanan udara di ketinggian.

Selain gangguan kesehatan di atas, inilah gangguan kesehatan lain yang biasanya dialami oleh mereka yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang seperti dilansir dari boldsky.com. Pilek dan flu
Salah satu masalah kesehatan yang paling umum dihadapi oleh para pengguna pesawat terbang adalah flu dan pilek. Penyakit ini dialami karena virus flu mudah menyebar di udara yang ada di dalam pesawat. Selain karena infeksi virus, AC yang kelewat dingin di dalam pesawat juga mampu menyebabkan penyakit ini.

Masalah perut
Masalah perut terutama yang berkaitan dengan gangguan lambung umum dialami oleh mereka yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang. Udara di pesawat yang dingin seringkali membuat perut kembung. Belum lagi makanan yang disediakan di pesawat biasanya sudah kelewat dingin.

Air borne diseases
Penyakit ini disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak baik di dalam pesawat. Ditambah pula dengan virus atau bakteri yang dibawa oleh para penumpang pesawat. Penyakit air borne ini biasanya menyebabkan flu, demam, dan yang paling buruk adalah tipus.

Mabuk udara
Mual, muntah, dan pusing merupakan beberapa efek samping dari mabuk udara. Hal ini karena tubuh masih belum sepenuhnya beradaptasi atau beristirahat namun langsung ‘diajak’ untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara.

Sakit kepala
Masalah pernapasan dan masalah gangguan pendengaran yang biasanya terjadi karena menggunakan pesawat terbang mampu menyebabkan sakit kepala. Penyakit ini akan semakin memburuk terutama bagi mereka yang memiliki sinus. Pasokan oksigen yang rendah di atas ketinggian mampu memperburuk penyakit ini.

Itulah serangkaian gangguan kesehatan yang biasanya dialami oleh mereka yang biasanya bepergian menggunakan pesawat terbang. Jika Anda termasuk salah satu diantaranya, bekali diri Anda dengan obat-obatan yang memadai untuk menangani gangguan kesehatan ini.