EQUITYWORLD FUTURES – Setiap wanita tentu ingin terlihat cantik dengan penampilan yang sempurna. Untuk itu, busana merupakan pilihan utama dalam menyempurnakan penampilan. Akan tetapi, busana dan penampilan tentu akan lebih sempurna apabila dihiasi dengan perhiasan yang sesuai.

Menurut Eliana Putri Antonio, desainer perhiasan dan pendiri Epa Jewel, perhiasan tidak hanya sekedar aksesori, namun juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penampilan seorang wanita. Tanpa mengenakan perhiasan, meski dari yang paling sederhana sekalipun, penampilan seorang wanita akan terlihat kurang menarik.

“Kalau dibandingkan antara mengenakan perhiasan dan tidak, pasti akan sangat berbeda. Busana yang paling sederhana sekalipun akan terlihat luar biasa kalau ditambahkan dengan perhiasan, baik kalung, gelang, perhiasan rambut, atau anting. Salah satu saja,” ungkap Eliana kepada Kompas.com di Sanur, Bali, Rabu (8/7/2015) lalu.

Meskipun demikian, menurut Eliana seorang wanita tentu harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memilih dan mengenakan perhiasan. Sebab, bentuk tubuh seorang wanita akan mempengaruhi jenis perhiasan yang sesuai untuk dikenakan. Hal ini dimaksudkan agar perhiasan tidak malah menjadi hal yang membuat penampilan berlebihan atau terlihat kurang sempurna.

“Misalnya wanita yang bentuk tubuhnya cenderung berisi, sebaiknya memilih perhiasan yang adjustable, sehingga dapat disesuaikan. Inilah alasan saya setiap sebelum membuat perhiasan, saya baiknya bertemu dulu dengan klien. Bahkan saya lihat dan pahami bentuk wajah, leher, hingga bentuk tubuhnya. Tujuannya jelas, supaya perhiasan yang saya buat dapat sesuai dan memberi efek yang diinginkan,” jelas Eliana.

Eliana pun mengungkapkan bahwa pada dasarnya perhiasan dapat dipadukan dengan busana apapun, baik busana tradisional maupun modern. Ia mewujudkan lewat paduan perhiasan rancangannya dengan busana-busana berbasis batik rancangan Poppy Dharsono.

“Perhiasan itu bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja. Ini pesan yang ingin saya sebarkan. Kalau kita mengenakan kebaya tradisional sekalipun bisa tambah cantik dan menarik dengan ditambahkan perhiasan, seperti kalung misalnya,” imbuh Eliana.