PT.EQUITYWORLD FUTURES Emas bertahan pada kerugian kecil dari sesi sebelumnya pada hari Senin, di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga Federal Reserve AS pada bulan September dan kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan antara Amerika Serikat dan China.

FUNDAMENTAL

* Spot emas turun 0,1 persen pada $ 1,194.01 pada 0030 GMT, setelah turun 0,4 persen di sesi sebelumnya.

* Emas berjangka AS turun 0,1 persen menjadi $ 1,199.80 per ounce.

* Pertumbuhan pekerjaan AS dipercepat pada bulan Agustus, dengan upah mencatat kenaikan tahunan terbesar mereka dalam sembilan tahun, memperkuat pandangan bahwa ekonomi sejauh ini melaparkan perang perdagangan eskalasi pemerintah Trump dengan China.

* Data payroll yang lebih kuat dari perkiraan menguatkan ekspektasi bahwa Fed AS akan menaikkan suku bunga pada bulan September, yang akan menjadi kenaikan ketiga tahun ini.

* Federal Reserve harus terus menaikkan suku bunga AS hingga pertengahan 2019, dan hanya kemudian perlu mengambil keputusan ketika harus berhenti, Presiden Fed Dallas Robert Kaplan menyarankan pada hari Jumat.

* Presiden AS Donald Trump memperingatkan pada hari Jumat bahwa ia siap untuk menampar tarif pada hampir semua impor Cina ke Amerika Serikat, mengancam bea atas barang lain senilai $ 267 miliar di atas $ 200 miliar impor yang disiapkan untuk pungutan dalam beberapa hari mendatang.

* Bank-bank sentral akan fokus dengan Bank Sentral Eropa dan Bank of England keduanya bertemu pekan ini. ECB diperkirakan memberi isyarat siap untuk mulai meruncing pembelian obligasi, tetapi Presiden Draghi kemungkinan akan berhati-hati setelah serangkaian data zona euro yang biasa-biasa saja.

* Hedge fund dan manajer uang meningkatkan sikap bearish mereka dalam kontrak emas dan perak COMEX menjadi yang terbesar dalam catatan di pekan liburan singkat menjadi 4 September, data Commodity Futures Trading Commission (CFTC) AS menunjukkan pada hari Jumat.

* Pembelian emas secara fisik meningkat di pusat-pusat utama Asia pekan lalu karena harga yang lebih rendah memicu selera untuk logam, dengan India melihat permintaan yang sehat menjelang musim perayaan meskipun kenaikan dalam tingkat domestik ke tertinggi dua bulan.

* Kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, turun 0,20 persen menjadi 745,44 ton pada Jumat dari Kamis.

* Canada Tahoe Resources Inc, mengatakan pada hari Jumat bahwa operasi telah dimulai kembali di tambang emas La Arena di Peru, mengakhiri suspensi delapan hari.

* Kepala bank sentral Argentina mengatakan pada Jumat pembiayaan pemerintah untuk 2019 “akan lebih dari cukup” dan bahwa depresiasi tajam mata uang peso baru-baru ini akan “memperbaiki dirinya sendiri lebih cepat dari pasar percaya.”

 

Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang