Perbedaan Go-Jek dengan Ojek Biasa

Perbedaan Go-Jek dengan Ojek Biasa

EQUITYWORLD FUTURES – Salah satu moda transportasi alternatif di Jakarta, yakni Go-Jek, beroperasi dengan sistem yang kurang lebih sama dengan yang dilakukan oleh tukang ojek pada umumnya. Namun ada beberapa perbedaan antara karyawan Go-Jek dengan tukang ojek yang bekerja untuk diri sendiri.

“Kalau di kami itu statusnya freelance, jadi gaji kami berdasarkan komisi dari kerjaan sehari-hari,” tutur salah satu driver atau pengendara Go-Jek, Muhammad Nizar (47), Selasa (28/4/2015).

Nizar menjelaskan, semua karyawan di Go-Jek memang berstatus freelance. Hal itu membuat mereka bisa bekerja kapan saja.

Pendapatan para karyawan Go-Jek pun juga akhirnya ditentukan dari seberapa sering dia melayani pelanggan atau orang yang melakukan pemesanan.

Dengan pekerjaannya di Go-Jek dari hari Senin sampai Minggu, pendapatan Nizar rata-rata per bulannya bisa mencapai angka Rp 4 juta. Jam kerjanya pun bervariasi.

Nizar memilih untuk memulai kerja dari pukul 05.30 WIB sampai 22.00 WIB. Namun jika ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat dia tidak bisa masuk kerja, maka dia bisa meliburkan diri.

“Gaji kita terdiri dari dua. Dari komisi sama deposit. Kalau deposit itu dari Go-Jek Credit, bisa bayar pakai pulsa buat ngojek, beli barang, sama kirim barang,” ucap Nizar.

Go-Jek Credit adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi Go-Jek, baik yang terdapat di platform Android maupun iOS.

Pelanggan bisa melakukan top-up dengan pulsa untuk transaksi. Dari deposit itu, bagian pendapatan untuk karyawan hanya bisa diambil jika datang langsung ke kantor Go-Jek.

Sedangkan bagi pelanggan yang melakukan transaksi secara tunai, ada pembagian tersendiri untuk karyawan dan untuk perusahaan Go-Jek.

Pembagian tersebut adalah sebanyak 80 dan 20 persen, di mana 20 persen untuk perusahaan, lalu 80 persen untuk karyawan itu sendiri.

Pemesanan Go-Jek sendiri dilakukan melalui aplikasi di smartphone secara online. Sistem pelayanan driver Go-Jek sendiri adalah jemput bola, sehingga pelanggan hanya perlu menerima konfirmasi dari call center Go-Jek dan menunggu pelayanan jasa yang diminta.

Pelayanan di Go-Jek bisa untuk transportasi orang, kirim barang seperti dokumen, dan belanja berbagai macam barang.

ewfsmg

PERHATIAN!
Managemen PT. Equityworld Futures menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT. Equityworld Futures dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Equityworld Futures, bukan atas nama individu.