EQUITYWORLD FUTURES – Biasanya mobil yang berumur lebih dari lima tahun, peredam kap mesinnya sudah rusak, bahkan copot. Jika kondisinya seperti itu, maka seharusnya jangan didiamkan, karena peredam tersebut memiliki fungsi menahan panas mesin sekaligus meredam suara mesin.

Nah, bagi Anda yang berniat untuk memasangnya, ternyata harga peredam panas kap mesin itu tidak mahal. Toko aksesori Automania di Ruko Mega Grosir Cempaka Mas, Blok D1, No.17, Jakarta Pusat menjualnya dari mulai Rp 250.000-Rp 400.000 atau tergantung dari besar kecilnya mobil.

Wulan, salah satu pegawai Automania menjelaskan, cara memasangnya sangatlah mudah. Karena peredam panas ini bentuknya sudah disesuaikan dengan masing-masing kap mesin model mobil tertentu, jadi cukup ditempelkan saja dan diklaim cukup tahan lama.

“Masing-masing peredam ini juga sudah terpasang lem, jadi hanya membuka bagian belakang dan memasangkannya di kap mesin,” ucap Wulan saat ditemui KompasOtomotif akhir pekan lalu di Jakarta Pusat.

Lebih dari itu, wanita berkulit putih ini menambahkan, alat peredam panasnya ini jika sudah menempel di kap mesin tidak mudah copot dan rusak seperti model lain yang menggunakan bahan aluminium foil silver.

“Kalau bahannya dari aluminium foil itu fungsinya juga tidak maksimal, kalau yang ini dari busa dan bahan lainnya sehingga selain meredam panas, juga mampu meredam suara,” katanya.