PT.EQUITYWORLD FUTURES  Dolar terus menunjukkan tanda-tanda kehilangan momentum terhadap mata uang Eropa, yang akan membatasi ruang lingkup untuk penjualan emas kecuali ada rilis CPI AS yang sangat kuat dan tekanan bagi Fed untuk mempercepat pengetatan moneter. Keuntungan masih cenderung menarik minat jual dengan cepat tanpa bukti pemulihan yang berkelanjutan.

Emas turun ke posisi terendah 11-bulan pada awal pekan sebelum mengoreksi lebih tinggi karena dolar kehilangan traksi keseluruhan. Namun, ada minat jual di atas $ 1.260 per ounce dan konsolidasi sekitar $ 1,255 pada penutupan Eropa hari Jumat. Stabilisasi yuan Cina membantu mendukung sentimen risiko, dan emas cenderung menguntungkan karena dolar kehilangan dukungan. Tren mata uang AS akan terus menjadi fokus utama pasar selama seminggu dan pasti akan memiliki dampak penting pada emas.

Data harga produsen akan dirilis pada hari Rabu. Fokus utama AS adalah data inflasi IHK yang akan dirilis pada hari Kamis. Tekanan bagi Federal Reserve untuk mengadopsi sikap kebijakan yang lebih hawkish akan meningkat jika data inflasi datang lebih kuat dari yang diperkirakan. Imbal hasil obligasi jangka panjang AS cenderung bergerak lebih rendah selama sebulan terakhir, tetapi lebih kuat dari data inflasi akan berisiko pembalikan sentimen pasar dan peningkatan imbal hasil yang akan membuatnya lebih sulit untuk membuat kemajuan.

Komentar dari pejabat Federal Reserve akan dipantau secara ketat selama minggu ini, dengan kesaksian penting semi-tahunan Ketua Fed Powell kepada Kongres karena minggu berikutnya. Pasar berjangka menunjukkan bahwa probabilitas kenaikan suku bunga September hanya di bawah 80%, dan emas akan mendapatkan dukungan jika probabilitas tergelincir selama minggu depan. Secara keseluruhan penjualan dolar masih cenderung terbatas, yang akan membatasi dukungan emas secara keseluruhan.

Kinerja emas juga akan dipengaruhi oleh apakah perdagangan logam mulia lebih sebagai komoditas atau aset defensif. Selama beberapa minggu terakhir, emas, luar biasa, tidak dapat memperoleh dukungan signifikan atas dasar pertahanan. Sebaliknya, emas telah diperdagangkan lebih seperti komoditas dan cenderung berkinerja lebih baik ketika risk appetite telah membaik, terutama karena mata uang komoditas telah rally dalam keadaan ini. Faktor penting selama minggu depan adalah apakah tren ini berkelanjutan atau apakah emas kembali terlihat lebih sebagai aset defensif.

Data CFTC terbaru akan dirilis pada hari Senin karena liburan AS. Penurunan lebih lanjut dalam posisi jangka panjang akan cenderung membatasi ruang lingkup untuk penjualan emas agresif lebih lanjut, meskipun para penentang tidak akan yakin atas pergeseran jangka panjang dan potensi untuk kenaikan berkelanjutan sampai ada posisi spekulatif pendek bersih.
Sumber Marketwatch, edit by PT Equityworld Futures Semarang