EQUITYWORLD FUTURES – Menjadi petugas kebersihan di pameran di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, tidak membuat Khusnul merasa rendah diri. Perempuan berjilbab ini sudah sejak tahun 2012 bekerja di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Melihat sosoknya, Otomania tetarik untuk mengajaknya sedikit berbincang ringan. Mendapat kesempatan bagus, Khusnul akhirnya mau meluangkan waktunya yang sibuk, demi membuat IIMS 2016 tetap bersih.

“Saya juga sebenarnya ingin punya pekerjaan yang lebih dari ini. Namun, karena terbatasnya jenjang pendidikan yang saya punya, jadi sulit untuk mendapatkannya. Maklum saya hanya lulus Sekolah Menengah Pertama (SMP),” ujar perempuan asal Pekalongan ini, Rabu (13/4/2016).

Khusnul menceritakan, dirinya mengaku kerap mendapat godaan dan lontaran pertanyaan dari para pengunjung pameran. Namun, Khusnul menanggapinya hanya dengan senyuman tanpa merasa sakit hati.

Ghulam/Otomania Khusnul, petugas kebersihan di IIS 2016.

“Pertanyaan yang paling sering saya dengar, seperti ‘kenapa sih mba mau jadi cleaning service?’. Iya selain itu juga kadang ada yang suka menggoda, biasa lah laki-laki,”ujar Khunsul sembari melepas tawa.

Meski sudah menginjak usia 30 tahun, Khusnul terlihat seperti masih berusia 20-an. Dia hanya berharap, bisa diangkat menjadi pegawai di JIExpo, karena saat ini, dirinya masih sebagai pekerja harian (day worker).

Jadi, selain Sales Promotion Girl (SPG), petugas seperti Khusnul ini juga punya peranan penting untuk membuat pameran IIMS 2016 tetap bersih dan nyaman dikunjungi.