Berat badan tak hanya bisa dipengaruhi oleh kebiasaan makan, genetik, stres, olahraga, dan perubahan hormon, tetapi ternyata juga bisa dipengaruhi oleh alat makan yang Anda gunakan. Bahkan menurut penelitian, alat makan bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Penelitian mengungkap bahwa ukuran peralatan makan juga bisa berpengaruh terhadap porsi makanan yang dikonsumsi seseorang. Mereka melakukan pengamatan terhadap dua kelompok. Kelompok pertama diberikan mangkuk yang besar dan kelompok kedua mangkuk kecil. Diketahui bahwa kelompok yang makan pada mangkuk besar mengonsumsi 16 persen lebih banyak dibandingkan yang makan di mangkuk kecil.

Peneliti dari Cornell University mengungkap bahwa menggunakan peralatan makan yang besar akan menipu pikiran kita dan membuat kita berpikir bahwa kita mengonsumsi makanan dalam porsi lebih sedikit, seperti dilansir oleh Care2 (25/07).

Jadi, mengganti ukuran piring dan peralatan minum Anda akan membantu menurunkan berat badan. Menggunakan peralatan makan dan minum yang lebih kecil akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit makanan dan membuat cepat kenyang. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk makan dan minum dalam porsi yang lebih sedikit.

1. Gunakan gelas yang kecil dan panjang/ tinggi
Gelas yang tak terlalu besar dalam diameter namun tinggi akan membuat Anda berpikir Anda minum lebih banyak dari yang sebenarnya. Orang lebih fokus pada ukuran secara vertikal daripada horizontal sehingga mereka berpikir minum lebih banyak ketika minum dari gelas yang tinggi daripada gelas yang pendek namun lebar.

2. Gunakan piring merah
Makan menggunakan piring merah akan membuat Anda makan dalam porsi lebih sedikit dibandingkan jika Anda menggunakan piring putih. Hal ini mungkin terlihat aneh, namun ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan menggunakan piring merah akan membantu Anda merasa cepat kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

3. Makan dengan garpu yang besar
Baru-baru ini penelitian di University of Utah, Salt Lake City, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan menggunakan garpu yang lebih besar lebih cepat kenyang dibandingkan menggunakan garpu kecil. Mereka juga mengonsumsi lebih sedikit makanan jika dibandingkan dengan memakai garpu kecil.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Memilih peralatan makan yang tepat akan membantu Anda menjalankan diet dan menjadi cepat langsing!