Angka 7 nampaknya membawa nasib sial bagi penerbangan maskapai luar negeri. Belum lama kita dikejutkan oleh berita jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH 17 di daerah konflik Ukraina, kini sebuah pesawat dengan rute Belgia menuju India hampir mengalami kecelakaan hanya karena kelalaian pilot.

Dua orang pilot yang membawa pesawat jet tipe Boeing 777 telah dibebastugaskan setelah hampir membuat pesawat berisi 280 penumpang jatuh di langit Turki. Saat itu, pesawat tersebut menukik hingga ketinggian 1,5 kilometer dari atas tanah, Ubergizmo (17/08).

Pesawat itu akhirnya berhasil kembali ke jalurnya di ketinggian 10 kilometer setelah pengawas penerbangan berhasil memberi tahu awak pesawat yang lain untuk masuk dan memperingatkan pilot dan co-pilotnya. Parahnya, si co-pilot dinyatakan lalai akibat bermain iPad ketika sang pilot tengah tertidur.

Meskipun mode penerbangan otomatis telah dihidupkan, si co-pilot tidak sadar bila ketinggian pesawat terus berkurang ketika dia tengah asyik bermain tablet buatan Apple. Petugas pengawas penerbangan India (DGCA) pun tengah mempertimbangkan kemungkinan bila si co-pilot ternyata juga tertidur saat menjalankan tugasnya.

Insiden ini sejatinya telah terjadi hari Jumat, dua minggu yang lalu. Namun akibat tidak adanya laporan yang langsung masuk, kedua pilot tersebut baru diganjar hukuman larangan terbang minggu lalu setelah pihak ‘anonim’ menyampaikan komplain.