Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding meyakini unsur pimpinan MPR 2014–2019 yang didominasi politikus Koalisi Merah Putih tidak akan memakzulkan Calon Presiden terpilih Joko Widodo yang didukung partainya dalam Koalisi Indonesia Hebat.

“Biasa orang khawatirkan paling impeachment (pemakzulan). Akan tetapi, kalau melihat Pak Zulkifli dan para wakilnya, E.E Mangindaan, Osman Sapta Odang, dan Hidayat Nur Wahid, itu figur yang bijak dan baik, saya optimislah,” kata Karding seusai menghadiri Sidang Paripurna MPR RI di Jakarta, Rabu (8/10).

Karding menilai mekanisme pemilihan pimpinan MPR yang dimenangkan wakil dari Koalisi Merah Putih dan satu wakil dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) telah berjalan secara adil.

Koalisi Indonesia Hebat yang beranggotakan PDI Perjuangan, PKB, Hanura, Nasional Demokrat, serta partai yang baru bergabung Partai Persatuan Pembangunan dalam pemilihan pimpinan MPR, kata Karding, menerima hasil pemungutan suara secara lapang dada.

“Apresiasi tetap kami berikan, biasa kalah-menang begini. Kita harapkan MPR ke depan tetap seperti tradisi sebelumnya,” ujar dia.

Seperti diketahui, setelah melalui voting secara tertutup, akhirnya Zulkifli Hasan terpilih sebagai ketua MPR periode 2014-2019. Sedangkan wakil ketua MPR yang terpilih adalah Mahyuddin, EE Mangindaan, Hidayat Nur Wahid, dan Oesman Sapta Odang.