EQUITYWORLD FUTURES – Xiaomi merilis perangkat baterai portabel (powerbank) berkapasitas super besar 20.000 mAh. Ini merupakan perangkat powerbank terbesar yang pernah dirilis oleh Xiaomi hingga saat ini.

Secara mendetail, Xiaomi mengombinasikan enam buah sel baterai, masing-masing berkapasitas 3.350 mAh, dalam satu powerbank ini.

Dengan kapasitas sebesar itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari forum Xiaomi, perusahaan asal China ini mengklaim baterai portabel tersebut mampu digunakan untuk mengisi daya smartphone Mi 4 hingga 4,5 kali, iPhone 6 hingga 7 kali, iPad Mini hingga 3 kali, dan laptop MacBook hingga 1,2 kali.

Sebagian dari Anda pasti berpikir, pasti butuh waktu lama untuk mengisi baterai sebesar itu. Untungnya, Xiaomi telah melengkapi bank daya ini dengan fitur Fast Charging atau kemampuan charging cepat.

Xiaomi mengklaim, berhasil mengisi daya hingga 11.000 mAh hanya dalam waktu 3 jam saja. Sementara itu, jika ingin mengisi daya hingga 100 persen, dibutuhkan waktu sekitar 5 jam saja.

Biasanya, tanpa adanya kemampuan Fast Charging, bisa dibutuhkan waktu seharian penuh untuk mengisi daya baterai hingga 100 persen.

Xiaomi sendiri sebelumnya sudah pernah merilis powerbank lain, dengan kapasitas yang lebih kecil, yakni 16.000 mAh, 10.000 mAh, dan 5.000 mAh.

Tentunya, dengan peningkatan tersebut, bobot perangkat baru ini cukup memberat ketimbang sebelumnya. Ia dikatakan memiliki bobot 338 gram, setengah dari bobot smartphone standar.

Powerbank dari Xiaomi ini dirilis dengan harga yang relatif terjangkau, yakni sekitar 23 dollar AS atau Rp 312.000.

Belum diketahui, apakah ia akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Awalnya, powerbank ini baru akan dijual di China terlebih dahulu.