EQUITYWORLD FUTURES – Ada kabar yang cukup mengejutkan. Sebuah analisis yang dilakukan oleh CCS Insight baru-baru ini menyebutkan bahwa iOS akan mengalahkan Android di kancah sistem operasi dunia, seperti yang dikutip dari Softpedia (25/11).

Hal ini cukup mengejutkan mengingat populasi Android di mata dunia masih terlalu tinggi. Menurut data per Juni tahun ini, Vice presiden dari Google, Sundar Pichai, pada acara Google I/O lalu mengungkapkan jika sistem operasi buatan mereka masih akan menguasai kerajaan sistem operasi perangkat mobile. Setelah pada gelaran tahunan itu, Pichai mengatakan OS Android hingga saat ini telah mempunyai pengguna aktif mencapai 1 miliar orang, Engadget (25/6).

Kesenjangan antara pengguna Android dan iOS cukup besar. Sistem operasi milik Apple tersebut saat ini hanya 800 juta saat acara WWDC 2014 lalu. Jumlah itu sama dengan yang dicapai oleh Android hanya dalam satu tahun.

Menurut survei dari Strategy Analitics, Android mampu menguasai 78,9 persen pasar ketika iOS hanya mampu merangkul 15,5 persen di tahun 2013.

Akan tetapi pihak analis dari CCS Insight sangat percaya bahwa Android akan kehilangan pasar di tahun 2016 atau nantinya iOS yang bakal lebih merajai pasar. Hal tersebut juga didukung dari pasar Apple di China yang semakin lama semakin baik. Di tambah lagi negara Eropa Barat juga merupakan salah satu ‘ladang subur’ bagi populasi iOS.

Nantinya, Apple akan merajai pasar diikuti oleh Windows Phone di posisi kedua, lalu menyusul Android dan BlackBerry. Lantas, benarkah iOS bakal tumbangkan Android di 2016 nanti? Bagaimana pendapat Anda?