EQUITYWORLD FUTURES – Gojek sedang menjadi pilihan transportasi buat sebagian masyarakat yang membutuhkan alternatif transportasi. Selain lebih murah, Gojek juga dianggap lebih nyaman penumpang. Salah satu ciri khas yang melekat pada ojek ini yaitu helm, dengan corak hijau terang mencolok.

Salah satu pengusaha yang jadi penyedia helm untuk Gojek yaitu Ilham Pratama, pemilik bengkel modifikasi helm RamoPro. Saat menceritakan mengenai usahanya, Ilham sudah menjalankan bisnis modifikasi helm sejak 2013, dan saat ini sedang dalam proyek pengadaan helm Gojek.

Custom helm sudah dari tiga tahun yang lalu, kebanyakan untuk model-model sepeda motor cross dan road race,” ujar Ilham kepada Otomania, Senin (21/9/2015).

Ilham mengatakan, untuk proyek Gojek ini, dirinya diberi waktu sekitar 40 hari untuk bisa menyelesaikan 40.000 unit helm yang dipesan khusus untuk Bandung. Dengan bantuan puluhan karyawan yang saat ini bekerja, Ilham yakin dapat menyelesaikannya.

“Kurang lebih 40 hari kami sudah harus menyelesaikannya. Saat ini kami telah menambahkan karyawan hingga 50 orang, padahal sebelumnya hanya ada sekitar 15 sampai 20 orang saja,” ucap Ilham.

Saat ditanyakan mengenai harga per satu helmnya, Ilham enggan menjawab, namun dirinya memberi kisaran harga, dari Rp 100.000 sampai Rp 200.000. Jika coba diambil harga tengah dari harga kisaran tersebut, misal dengan harga Rp 150.000 untuk satu helm, kemudian dikalikan 40.000 unit helm, hasilnya mencapai Rp 6 miliar.

“Untuk harganya sendiri saya tidak bisa bilang, tapi jika dilihat untuk seluruh vendor yang mengerjakan projek helm ini berkisar antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000, disesuaikan dengan bentuk helmnya,” ujar Ilham.