PT. EQUITYWORLD FUTURES – Pound menguat terhadap dolar AS, menghentikan penurunan dua hari, karena laporan menunjukkan harga konsumen tahunan menguat pada bulan lalu di laju tercepat dalam hampir dua tahun terakhir.

Sterling juga menguat terhadap euro. Tingkat inflasi tahunan dipercepat menjadi 1 persen dari 0,6 persen pada Agustus lalu, Kantor Statistik Nasional mengatakan. Data tersebut di atas 0,9 persen level yang diperkirakan oleh ekonom dalam survei Bloomberg dan merupakan yang tertinggi sejak 2014. Tingkat inflasi inti juga mencapai level tertinggi dua tahun. Data tersebut berpotensi memperlambat laju pelonggaran moneter oleh Bank of England.

Penurunan pound sebesar 18 persen terhadap dolar AS sejak Brexit vote pada bulan Juni lalu menciptakan dilema bagi para pembuat kebijakan setelah hal tersebut memicu inflasi lebih cepat yang mungkin menjadi kendala bagi program pelonggaran BOE. Saat ini, lebih dari 70 persen dari ekonom dalam survei bulanan terbaru Bloomberg mengatakan bank sentral akan memangkas suku bunga acuan bulan depan setelah Gubernur BOE Mark Carney mengatakan ia akan mentolerir kenaikan harga yang lebih cepat untuk meningkatkan perekonomian.

EQUITYWORLD FUTURES Sementara kantor statistik mengatakan hal tersebut belum memperlihatkan bukti eksplisit dari efek mata uang dalam perubahan harga konsumen, sterling melemah secara perlahan melalui ekonomi, dengan pabrik-pabrik melihat biaya mereka semakin melonjak.

Pound naik 0,4 persen menjadi $ 1,2237 pada pukul 09:42 pagi di London. Pound jatuh ke $ 1,1841 pada 7 Oktober, level terendah sejak 1985, menurut harga komposit yang disusun oleh Bloomberg dari kontribusi dealer. Sterling dihargai 0,3 persen menjadi 90,03 pence per euro.

Pound melemah pada bulan ini di tengah kekhawatiran bahwa pemerintah akan mengejar strategi keluar yang akan memperlihatkan Inggris menyerahkan keanggotaannya dari pasar tunggal Eropa untuk mengamankan kontrol yang lebih besar dari imigrasi dan pembuatan hukum. Equity world Futures Hedge fund dan spekulan besar lainnya meningkatkan spekulasi terhadap pelemahan pound terhadap dolar ke rekor di awal bulan ini, menurut data yang diberikan oleh Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi.

Sumber: Bloomberg