PT. EQUITYWORLD FUTURES – Pound jatuh karena laporan bahwa Perdana Menteri U.K. Theresa Mei akan mensinyalir rencana untuk menghentikan pasar tunggal Uni Eropa demi mendapatkan kembali kontrol perbatasan dan hukum Inggris. Aset haven dari emas sampai ke yen naik sementara saham jatuh di seluruh dunia.

Pound melemah 1,3 persen menjadi $ 1,2025 pada 08:09 pagi di London, menuju penurunan terbesar terhadap dolar sejak Oktober. Mata uang melemah sebentar setelah Treasury U.K. dikatakan berencana untuk menenangkan investor setelah pidato Mei dan laporan dari Times of Londonyang  melaporkan bahwa Donald Trump akan menawarkan kesepakatan perdagangan cepat ke Inggris ketika dia menerima kekuasaan.

EQUITYWORLD FUTURES Pound jatuh ke level terendah selama 31-tahun dan timbul kekacauan pada mata uang, ekuitas dan pasar minyak pada hari Jumat karena keputusan Inggris meninggalkan Uni Eropa, memicu gelombang ketidakpastian global.

Sterling jatuh 10 persen menjadi $ 1,3229 pada satu titik level terlemah sejak tahun 1985, sementara greenback sendiri merosot di bawah 100 yen untuk pertama kalinya dalam dua setengah tahun saat pedagang berusaha mencari tempat aman.

Dalam minggu-minggu menjelang pemungutan suara bersejarah hari Kamis, sudah ada peringatan luas bahwa “Brexit” akan menyebabkan kemenangan kehancuran di pasar global yang akan menghapus triliunan valuasi, Equityworld Futures hanya beberapa bulan setelah Fuelled sell-off China yang menyakitkan.

Skenario hari kiamat tampaknya bermain saat sebagai pasar mengalami salah satu hari terburuk sejak krisis keuangan tahun 2008 setelah hasil akhir telah dikonfirmasi bahwa salah satu dari tiga negara besar Uni Eropa akan meninggalkan blok tersebut setelah empat dekade.

Sumber: Bloomberg