PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga minyak naik pada Selasa ini pasca komentar positif pada penawaran dan keseimbangan permintaan dari Menteri Energi Arab Saudi pada hari Senin.

Kontrak Maret untuk acuan minyak mentah global Brent + 1,06% naik 73 sen, atau 1,4%, ke level $ 53,10 per barel, sementara minyak West Texas Intermediate + 1,24% naik 1,2% ke level $ 52,98 untuk pengiriman Februari.

Harga minyak mentah menguat semalam setelah Arab Saudi, yang menrupakan pemimpin de facto Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), disebut-sebut efek perjanjian pemangkasan produksi dengan produsen non-OPEC utama.

PT. EQUITYWORLD Menteri Perminyakan Saudi, Khalid al-Falih, kepada wartawan di Uni Emirat Arab bahwa pasar akan seimbang hingga akhir semester pertama 2017, menurut laporan media.

Mengutip Wall Street Journal, Rabu (18/1/2017), harga minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Februari naik 11 sen atau 0,2 persen ke level US$ 52,48 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent, yang merupakan patokan harga dunia, turun 39 sen atau 0,7 persen ke angka US$ 55,47 per barel di ICE Futures Europe.

Selain itu, kejatuhan nilai tukar dolar AS juga menjadi pendorong kenaikan harga minyak. PT. Equityworld Pelemahan dolar AS membuat harga minyak lebih murah bagi pelaku pasar yang bertransaksi menggunakan mata uang di luar Dolar AS. Murahnya harga minyak tersebut mendorong aksi beli sehingga membuat harga minyak naik.

Sumber: MarketWatch