PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak memperpanjang gainnya setelah penurunan terbesar dalam lebih dari seminggu seiring data industri menunjukkan stok minyak mentah AS turun, sementara OPEC dan negara-negara produsen lainnya memangkas produksi untuk meringankan stok global yang berlebih.

Futures naik sebanyak 0,8 persen di New York setelah jatuh 2,7 persen pada hari Rabu di tengah lonjakan dolar. Stok minyak mentah AS turun sebesar 5,04 juta barel pekan lalu, American Petroleum Institute mengatakan dalam laporan.

EQUITY WORLD Data pemerintah Kamis juga diperkirakan akan menunjukkan penurunan. OPEC dan 11 produsen lainnya membuat “upaya luar biasa” untuk memangkas produksi, kata Mohammad Barkindo, Sekjen Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari, yang berakhir Jumat, naik 40 sen ke level $ 51,48 per barel di New York Mercantile Exchange dan berada di level $ 51,45 pada pukul 07:30 pagi waktu Hong Kong. Total volume perdagangan yakni sekitar 91 persen di bawah rata-rata 100-hari. Kontrak kehilangan $ 1,40 ke level $ 51,08 pada hari Rabu, merasakan penurunan terbesar sejak 9 Januari. Minyak berjangka Maret yang lebih aktif naik 37 sen ke level $ 52,26.

Brent untuk pengiriman Maret turun $ 1,55, atau 2,8 persen, Equity world ke level $ 53,92 per barel di London berbasis ICE Futures Europe exchange, Rabu. Minyak mentah acuan global ini mengakhiri sesi dengan premi sebesar $ 2,03 untuk WTI Maret.

Sumber: Bloomberg