PT. EQUITYWORLD FUTURES – Harga minyak naik pada hari Kamis setelah laporan dari Badan Energi Internasional (IEA) mengkonfirmasi penurunan produksi oleh anggota OPEC, tapi harga berakhir dengan keuntungan moderat setelah kenaikan tak terduga dalam persediaan minyak mentah AS.

Produksi minyak mentah oleh anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak turun 320.000 barel per hari menjadi 33.090.000 barel per hari di bulan Desember, IEA mengatakan dalam laporan bulanan yang dirilis hari Rabu di Paris.

EQUITYWORLD FUTURES Minyak menutup sesi ini lebih tinggi, bagaimanapun, karena tokoh pemerintah AS mengungkapkan kenaikan mingguan cadangan minyak mentah, bersama dengan lonjakan persediaan bensin.

Pedagang juga khawatir tentang kemungkinan ekspansi dalam produksi minyak shale AS, setelah tahun lalu minyak berjangka melonjak sekitar 45%.

WTI untuk pengiriman Februari, yang berakhir Jumat, naik sebanyak sen 16 sen ke level $ 51,53 per barel di New York Mercantile Exchange. Total volume perdagangan yakni sekitar 91 persen di bawah rata-rata 100-hari. Berjangka aktif masa Maret naik 16 sen ke level $ 52,28 pada 07:23 pagi waktu Hong Kong. Untuk bulan depan harga turun 1,6 persen minggu ini.

Di New York Mercantile Exchange, minyak mentah West Texas Intermediate untuk pengiriman Februari naik 29 sen, atau 0,6%, untuk menetap di $ 51,37 per barel. Kontrak WTI yang berakhir dalam settlement hari Jumat. Equityworld Futures Kontrak teraktif WTI untuk bulan Maret yang akan menjadi kontrak pada bulan depan, berakhir di $ 52,12, naik 23 sen, atau 0,4%.

Sumber: MarketWatch