PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak jatuh setelah kenaikan dua hari seiring pengebor AS menambahkan rig dengan jumlah terbanyak dalam lebih dari tiga tahun, sehingga lebih sulit untuk OPEC untuk mengurangi kelebihan pasokan global.

Berjangka Maret turun sebanyak 1,7 persen di New York setelah harga bulan depan naik 2,6 persen pada dua sesi sebelumnya. Perusahaan di AS menempatkan 29 rig minyak lagi untuk bekerja dalam pekan yang berakhir pada 20 Januari, penambahan terbesar sejak April 2013, menurut data dari Baker Hughes Inc.

EQUITY WORLD Komite lima anggota yang mencakup menteri dari Kuwait dan Rusia akan menilai data yang diajukan oleh OPEC dan produsen lain dan dari sumber-sumber luar untuk mengevaluasi penyesuaian dengan target produksi, menurut Menteri Energi Rusia Alexander Novak.

West Texas Intermediate untuk pengiriman Maret berada di level $ 52,54 per barel di New York Mercantile Exchange, turun 68 sen, pada pukul 11:40 pagi waktu London. Total volume perdagangan yakni sekitar 28 persen di bawah rata-rata 100-hari. Kontrak Februari berakhir pada hari Jumat setelah naik $ 1,05 ke level $ 52,42.

Brent untuk pengiriman Maret turun 57 sen ke level $ 54,92 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Kontrak naik 2,5 persen ke level $ 55,49 pada hari Jumat. Equity world Minyak acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 2,39 untuk WTI.

Sumber: Bloomberg