PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka jatuh pada hari Rabu, bergerak ke bawah lebih jauh dari posisi tertinggi hampir 10 minggu yang disentuh gol untuk memulai minggu di tengah ketidakpastian untuk perdagangan, mata uang dan kebijakan ekonomi di bawah pemerintahan Trump.

Emas jatuh bahkan meskipun indeks dolar AS tergelincir 0,2%, berbeda dengan hubungan mereka yang biasanya terbalik. Saham diharapkan lebih tinggi sehingga mengurangi beberapa permintaan untuk investasi haven termasuk logam mulia, dengan indeks Dow berada di jalur untuk level tonggak bersejarah 20.000 di tengah rilis laporan laba.

PT. EQUITYWORLD  Emas untuk pengiriman Februari jatuh $ 7,40, atau 0,6%, ke level $ 1,203.50 per ounce, masih bertahan di atas level yang diawasi dengan ketat dibatas $ 1.200.

Emas telah melemah setelah menetap di level penutupan tertingginya sejak 17 November di level $ 1,215.60 pada hari Senin, menurut data FactSet. Maret perak turun 26 sen, atau 1,5%, ke level $ 16,94 per ounce.

Harga emas telah membukukan keuntungan pada empat minggu terakhir terkait pernyataan dari Trump, PT. Equityworld dan beberapa pernyataan yang bertentangan dari calon kabinetnya, tentang kekuatan relatif dari dolar. Emas juga telah meraih gain sejalan dengan volatilitas mata uang seiring Trump mengeluarkan AS dari Trans-Pacific Partnership dan terlihat melakukan negosiasi kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara. (sdm)

Sumber: MarketWatch