PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas naik ke level satu minggu tertinggi setelah beragamnya data ekonomi AS hanya memberikan sedikit efek untuk memperkuat kasus kenaikan suku bunga AS tahun ini dan melemahkan dolar.

Bullion menguat untuk hari kedua seiring Bloomberg Dollar Spot Index melanjutkan penurunan Seninnya setelah laporan menunjukkan bahwa manufaktur New York secara tak terduga menyusut dan output pabrik AS nyaris tidak tumbuh. Kemungkinan Federal Reserve menaikkan suku akhir tahun tetap di 66 persen, harga futures menunjukkan.

Setelah melonjak 25 persen pada semester pertama tahun ini berkat kekhawatiran tentang keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa dan ditambah penundaan Fed untuk meningkatkan biaya pinjaman, harga emas telah jatuh hampir 5 persen pada spekulasi kenaikan suku bunga akan segera dilakukan.

EQUITYWORLD FUTURES Suku bunga yang lebih tinggi mengekang daya tarik untuk memiliki emas seiring ketidakmampuan aset ini membayar bunga.

Bullion untuk pengiriman segera bertambah 0,6 persen ke level $ 1,263.70 per ounce dan berada di level $ 1,261.99 pada pukul 10:36 pagi waktu London, menurut harga publik Bloomberg.

Ada pergumulan di pasar antara spekulan di pasar berjangka dan investor yang membeli melalui dana yang diperdagangkan di bursa. Sementara money managers memotong posisi net-long di emas berjangka dan opsi dalam dua minggu terakhir dengan jumlah terbesar sejak mulai didatakan satu dekade lalu, Equity world Futures kepemilikan di ETF yang dilacak oleh Bloomberg berada di posisi tertinggi sejak 2013.

Sumber: Bloomberg