PT. EQUITYWORLD FUTURES – Dolar AS hanya bisa mendapatkan sedikit pijakan pada hari Rabu, setelah mencatatkan start terburuk dari tahun ke tahun dalam tiga dekade di tengah kekhawatiran bahwa AS bersiap untuk membuang kebijakan “dolar yang kuat” yang sudah berlangsung dalam dua dekade

Greenback tergelincir 2,6 persen terhadap sekeranjang mata uang utama pada bulan Januari, tercatat sebagai yang terburuk sejak tahun 1987, awalnya jatuh pada kekhawatiran atas proteksionisme Presiden AS Donald Trump dan kemudian karena adanya kekhawatiran bahwa pemerintahan baru mempersiapkan pembicaraan tentang mata uang.

PT. EQUITYWORLD Ketakutan meningkat pada hari Selasa ketika penasihat perdagangan senior presiden, Peter Navarro, mengatakan euro “terlalu undervalued”, sehingga mengirimkan euro melonjak ke atas $ 1,08 untuk pertama kalinya sejak awal Desember dan membuat indeks dolar turun hampir 1 persen ke level tujuh minggu terendah.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tidak berubah dalam keputusan kebijakan pertama sejak Trump menjabat, seiring bank sentral – bersama dengan pasar – menunggu kejelasan kebijakan ekonominya.

Ketidakjelasan lebih dalam stimulus fiskal yang dijanjikan Trump telah fmenjadi aktor lain yang telah melemahkan dolar sejak awal tahun ini.

Dolar AS telah menyentuh level tertinggi 14-tahun pada pandangan bahwa kebijakan Trump akan mendorong pertumbuhan dan inflasi, yang mengarah ke kecepatan yang lebih cepat dari kenaikan suku bunga, tetapi telah jatuh lebih dari 4 persen sejak itu dan saat ini diperdagangkan kurang dari 2 persen di atas level sebelum pemilu Trump.

Indeks dolar naik tipis hanya 0,1 persen pada hari Rabu, PT. Equityworld berada di bawah level 100 dan mendekati posisi terendah hari sebelumnya, sementara euro diperdagangkan datar di bawah $ 1,08.

Namun demikian, terhadap yen, dolar AS bergerak 0.5% lebih tinggi ke level 113,40 ¥.

Sumber: Reuters