PT. EQUITYWORLD FUTURES – (London) Emas tergelincir dari posisi sesi sebelumnya di level 11-minggu tertinggi pada hari Jumat menjelang rilis data payrolls AS untuk Januari hari ini dan seiring dolar mendapatkan beberapa gain yang hilang terhadap euro dan yen.

Logam kuning menyentuh level tertinggi sejak 17 November di level $ 1,225.30 per ounce pada hari Kamis setelah pernyataan kebijakan Federal Reserve yang mengecewakan investor dimana mereka berharap untuk mendapatkan tanda-tanda yang lebih jelas tentang kenaikan suku bunga mengirim dolar AS ke level terendah dalam 12 pekan.

EQUITYWORLD FUTURES Mata uang AS sedikit pulih menjelang rilis data payrolls yang dijadwalkan dirilis pukul 13.30 waktu GMT sehingga membuat emas spot bergerak 0,2 persen lebih rendah ke level $ 1,213.70 per ounce pada pukul 10:15 pagi waktu GMT.

Emas berjangka AS untuk pengiriman April turun $ 4,10 per ounce ke level $ 1,215.30.

Meskipun pasar memprediksi pergerakan pada bulan Juni, laporan payrolls AS yang kuat akan meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada awal Maret.

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS, yang meningkatkan biaya kesempatan memegang bullion non-yield sementara meningkatkan dolar, di mana emas dihargai.

Kepemilikan di SPDR Gold Shares, Equityworld Futures naik untuk hari kedua pada hari Kamis hingga 1,5 ton menjadi 811,22 ton.

Namun, minat terhadap emas di konsumen utama Asia berkurang semalam, MKS mengatakan dalam sebuah catatan, meskipun kembalinya pembeli Cina ke pasar setelah liburan Tahun Baru Imlek.

Sumber: Reuters