PT. EQUITYWORLD FUTURES – Kesediaan Swiss National Bank untuk mempertahankan mata uang Swiss franc mungkin akan diuji lagi bulan ini.

Swiss franc menguat terhadap euro pada bulan Februari di delapan dari 10 tahun terakhir, menurut data musiman yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Dengan franc mendapatkan pijakan lagi sepanjang bulan ini, SNB mungkin merasa sulit untuk meletakkan batasan pada mata uang, yang telah menguat untuk bulan kelima pada bulan Januari lalu.

EQUITYWORLD FUTURES Strategi mata uang berada di kerugian untuk menjelaskan tren di bulan Februari, menunjuk ke bukan untuk apresiasi umum untuk mata uang dalam beberapa tahun terakhir. SNB telah bergantung pada kombinasi pembelian mata uang asing dan suku bunga deposito negatif untuk mengekang kekuatan nilai tukar.

Meningkatnya risiko politik Eropa dalam tahun pemilihan dan kondisi kebijakan moneter yang mudah di zona Eropa adalah salah satu faktor yang telah mendorong keuntungan pada Swiss franc, dipandang sebagai mata uang haven.

Swiss Franc menguat 0,2 persen terhadap euro pada hari Rabu ke tujuh bulan tertinggi di 1,0637. Mata uang ini telah menguat lebih dari 3 persen sejak mulai reli di bulan September lalu.

Data SNB untuk Januari menunjukkan tidak ada apapun intervensi bulan lalu, Equityworld Futures dengan turunnya cadangan devisa karena dolar terdepresiasi terhadap franc. Di masa lalu, cadangan SNB telah meningkat karena intervensi untuk mencoba melemahkan mata uang.

Sumber: Bloomberg