PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak bergerak menurun di New York, menghentikan kenaikan selama tiga hari ditengah tanda-tanda bahwa pengurangan produksi OPEC akan mendorong pemulihan produksi minyak mentah AS.

Kontrak kehilangan sebanyak 1,1 persen di New York setelah naik sebesar 3,2 persen selama tiga sesi sebelumnya. Arab Saudi mengatakan OPEC memangkas produksi minyaknya yang terbesar dalam delapan tahun terakhir, sementara Menteri Perminyakan Kuwait Essam Al-Marzooq mengatakan organisasi secara keseluruhan telah menyampaikan sebanyak 92 persen dari perjanjian peredaman output. Di AS, pengebor meningkatkan jumlah rig ke level tertingginya sejak Oktober 2015, menurut Baker Hughes Inc.

EQUITYWORLD FUTURES Harga minyak berfluktuasi di atas $ 50 per barel karena Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan 11 negara lainnya mulai pemangkasan pasokan dari 1 Januari lalu untuk mengurangi kelebihan pasokan global.

Pasar akan bergeser ke defisit selama semester pertama tahun ini dan stok minyak mentah AS akan menyusut di tengah penurunan impor seiring dimulainya peredaman, Goldman Sachs Group Inc mengatakan pekan lalu. Namun harga minyak mentah yang lebih tinggi telah mendorong pengeboran di AS, konsumen minyak terbesar di dunia.

Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret turun sebanyak 57 sen ke level $ 53,29 per barel di New York Mercantile Exchange, dan diperdagangkan di level $ 53,57 pada pukul 08:45 pagi waktu setempat. Total volume yang diperdagangkan adalah 5 persen di bawah 100-hari rata-rata. Kontrak tersebut menguat 86 sen ke level $ 53,86 pada hari Jumat. Harga rata-rata berada di level $ 52,61 pada bulan lalu.

Brent untuk pengiriman April turun sebanyak 66 sen atau 1,2 persen, Equityworld Futures ke level $ 56,04 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London, setelah naik 1,9 persen pada hari Jumat. Minyak acuan global yang diperdagangkan pada premium dari $ 2,24 hingga April untuk minyak mentah WTI.

Sumber : Bloomberg