PT. EQUITYWORLD FUTURES – Minyak bertahan di atas level $ 53 per barel, setelah menghabiskan pekan lalu di kisaran perdagangan terkecil dalam 13 tahun, seiring para investor menimbang peningkatkan kegiatan pengeboran di AS terhadap pemotongan produksi OPEC.

Futures tidak berubah di New York setelah pekan lalu berfluktuasi dalam kisaran tersempit sejak Januari 2004. Pengebor AS mendorong jumlah rig ke posisi tertinggi sejak Oktober 2015, menurut data dari Baker Hughes Inc.  lalu.

PT. EQUITYWORLD Sementara itu, hedge fund mengangkat posisi net-long di West Texas intermediate ke posisi rekor, menurut data Komisi Perdagangan Komoditi Berjangka.

WTI untuk pengiriman Maret tidak berubah di level $ 53,40 per barel di New York Mercantile Exchange pada pukul 08:17 pagi waktu Hong Kong. Transaksi pada hari Senin akan dipesan pada hari Selasa karena libur Hari Presiden di AS. Total volume perdagangan yakni sekitar 53 persen di bawah rata-rata 100-hari. Kontrak tersebut naik 4 sen pada hari Jumat.

Brent untuk pengiriman April berada di level $ 55,79 per barel, turun 2 sen, PT. Equityworld di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London. Harga naik 16 sen, atau 0,3 persen, ke level $ 55,81 pada hari Jumat. Minyak mentah acuan global ini diperdagangkan pada premium $ 1,99 untuk WTI April.

Sumber: Bloomberg