PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas menderita imbas dari Federal Reserve, yang juga menarik logam mulia lainnya turun.

Emas turun untuk kali keempat dalam lima hari, berada di jalur untuk penurunan mingguan terbesar sejak November. Harga telah jatuh seiring dolar menguat pada ekspektasi bahwa bank sentral AS akan menaikkan suku bunga bulan ini. Perak dan platinum juga bersiap untuk minggu terburuk tahun ini.

EQUITYWORLD FUTURES Bullion untuk pengiriman segera turun 0,5 persen ke level $ 1,228.04 per ounce pada pukul 11:20 pagi waktu London, menurut harga publik Bloomberg. Logam kuning ini turun 2,3 persen minggu ini, menghentikan kenaikan bulanannya.

Pada logam mulia lainnya, perak turun 0,2 persen ke level $ 17,7285 per ounce di London, dan kehilangan 3,5 persen minggu ini. Platinum naik 0,2 persen, memangkas penurunan mingguan menjadi 3,7 persen. Paladium sedikit berubah.

Emas bersiap untuk pekan terburuk sejak November, di tengah reli dollar. Menyusul spekulasi Federal Reserve akan menaikkan suku bunga Amerika Serikat (AS) beberapa bulan ke depan.

Si kuning sedikit berubah ke level US$ 1.217,08 per once troi pukul 09:01 pagi waktu Shanghai, Equityworld Futures atau turun 3,1 % untuk pekan ini. Yang tak lain pelemahan terbesar sejak pekan yang berakhir 6 November.

Emas membukukan penutupan terendah lebih dari sebulan pada Kamis (24/3), karena kembali bangkitnya dollar AS sebagai alternatif aset pengganti logam mulai.

Bloomberg Indeks Dollar naik 0,1 % menjadi 1.201,67 untuk penguatan harian keenam. Sementara, Gubernur Federal Reserve Bank of St Louis James Bullard mengatakan kemungkinan kenaikan suku bunga tidak akan lama lagi dinaikkan.

Sumber: Bloomberg