PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka terlihat akan memperpanjang rentetan kenaikan mereka untuk empat sesi berturut-turut pada hari Kamis setelah melewati level grafik yang diperhatikan dengan cermat .

Para bulls logam mulia ini mempertahankan sikap optimis mereka di tengah rentetan terbaru rilis data ekonomi AS, janji untuk suku bunga rendah di Bank Sentral Eropa dan debat capres AS.

Membawa momentum minggu ini, Desember naik $ 2,40, atau 0,2%, ke level $ 1,272.40 per ounce. Silver Desember naik kurang dari 1 sen, atau sekitar 0,01%, ke level $ 17,67 per ounce. Perak telah diperdagangkan di wilayah negatif pada awal hari Kamis.

Emas memperpanjang kenaikan awal dan pergerakan tipis harga, bahkan seiring menguatnya dolar, setelah Bank Sentral Eropa mempertahankan tingkat suku bunga tidak berubah seperti yang diharapkan sebelumnya dan disinyalir tidak terburu-buru untuk mengubah strategi kebijakan mereka. Berita itu membawa implikasi pelemahan euro-penguatan dolar – sehingga, berpotensi menggerakan harga emas – seiring investor menilai kesenjangan kebijakan moneter antara bank sentral AS yang kemungkinan masih bersiap untuk menaikkan suku bunga secara moderat dengan sikap kebijakan moneter di Eropa dan Jepang yang sedang dalam mode pelonggaran kebijakan.

Kepemilikan emas di exchange trade product (ETP) kini kurang dapat diandalkan sebagai indikator harga emas. Setelah menjadi indikator harga emas dalam satu dekade terakhir, kepemilikan emas di ETP kini memiliki korelasi paling negatif sejak tahun 2004.

EQUITYWORLD FUTURES Berdasarkan data dari Bloomberg, arah investasi di ETP berbasis emas dengan New York futures telah berlawanan dalam emapt pekan terakhir, dan kini memasuki pekan kelima.

http://goo.gl/ejzcCvSepanjang tahun ini, jumlah total kepemilikan emas di ETPglobal turun 2% menjadi 1.727,6 metrik ton pada 26 Agustus lalu, dan sempat menyentuh level terendah empat tahun sebesar 1.707,9 pada 20 Juni lalu. Pada periode yang sama sepanjang tahun ini, harga emas futures naik 6,7% menjadi $1.283, 40 per troys ons pada perdagangan kemarin diComex New York. Sementara pada tahun 2013 kepemilikan emas di ETP merosot 33% dan harga emas anjlok 28%.
Pengaruh kepemilikan emas di ETP terhadap harga emas memudar setelah kinerja bursa saham global yang apik, danFederal Reserve mulai mengambil langkah pengurangan stimulus moneter serta memberikan sinyal kenaikan suku bunga, Equity world Futures sehingga menghilangkan daya tarik emas sebagai investasi alternatif.

Kenaikan harga emas pada tahun ini dipicu oleh gejolak geopolitik yang terjadi di Ukraina dan Timur Tengah, serta pertumbuhan ekonomi AS yang sempat anjlok di awal tahun. Namun kenaikan harga emas tersebut gagal meningkatkan minat investor tehadap emas, total nilai kepemilikan di ETP berkurang sebesar $71 miliar.

Sumber: MarketWatch