PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas mendekati level tertingginya sejak awal November lalu diiringi penurunan dalam ekuitas dan investor mencari aset haven di tengah kekhawatiran geopolitik.

Bullion untuk pengiriman segera bergerak stabil di level $ 1,284.76 / oz pada pukul 09:58 pagi waktu London: menurut harga dari Bloomberg.

Logam mulia ini menyentuh level $ 1,295.56 pada hari Senin setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bersedia untuk mempertimbangkan aksi militer terhadap Korea Utara.

EQUITY WORLD Sementara itu, Spot perak turun 0,1 % pada level $ 18,3983 / oz.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan pada hari Kamis bahwa kebijakan pemerintahan Presiden AS Donald Trump akan mungkin hanya berdampak terbatas tahun ini, meskipun ia ingin melihat reformasi pajak pada Agustus.

Komentar tersebut menunjukkan banyak pekerjaan masih diperlukan pada rencana pajak yang Mnuchin sebut sebagai prioritas utama, dan yang investor harapkan akan mendorong pertumbuhan dan inflasi tahun ini.

Namun keuntungan emas tertahan setelah sebuah jajak pendapat pada hari Jumat yang menyatakan calon presiden Perancis Emmanuel Macron akan mengalahkan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen, yang telah menjanjikan referendum keanggotaan Uni Eropa.

Logam mulia minggu ini naik sekitar 1,8 persen, sebagian besar didukung oleh redanya ekspektasi dari kenaikan suku bunga AS pada Maret setelah risalah dari pertemuan kebijakan terbaru Federal Reserve kurang hawkish dari yang diharapkan.

Kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung ETF, New York SPDR Gold Trust, Equity world  telah meningkat lebih dari 5 persen bulan ini pada risiko geopolitik.

Dalam logam mulia lainnya, perak naik 0,99 persen pada $ 18,34 per ons. Perak telah menguat sekitar 1,5 persen minggu ini membukukan kenaikan sembilan minggu berturut.

Sumber : Bloomberg