PT. EQUITYWORLD FUTURES – Emas berjangka turun ke level terendah dalam hampir dua minggu dan saham pertambangan bullion merosot karena investor menyukai aset berisiko atas ekspektasi bahwa Emmanuel Macron akan menjadi presiden Prancis berikutnya.

Logam tergelincir sebanyak 1,8 persen di New York dan Indeks penambang emas Bloomberg Intelligence merosot sebanyak 2,7 persen setelah Macron yang pro-pertumbuhan dan nasionalis Marine Le Pen memenangkan pemungutan suara putaran pertama pada hari Minggu. Le Pen, yang ingin membawa Prancis keluar dari Eropa dan memotong imigrasi, telah membuntuti Macron di hampir setiap jajak pendapat. Putaran kedua akan berlangsung pada 7 Mei mendatang.

EQUITYWORLD FUTURES Dengan putaran kedua, menghindari skenario kontes antara Le Pen dan Jean-Luc Melenchon, meluasnya bantuan di pasar mendorong saham Eropa dan euro menguat, dan memotong keuntungan emas tahun ini menjadi 10 persen.

Hedge fund baru-baru ini menaikkan taruhan emas bullish dan investor membeli bullion melalui ETF di tengah permintaan untuk haven serta kekhawatiran atas Korea Utara.

Emas berjangka untuk pengiriman Juni turun 1,3 persen menjadi $ 1,272 per ons pada pukul 09:51 pagi di Comex New York, setelah menyentuh $ 1.266, level terendah sejak 11 April. Harga memangkas kerugian setelah data dari Federal Reserve Chicago yang menunjukkan aktivitas ekonomi AS turun di bulan Maret.

Dengan terlihatnya kemenangan Macron sebagai hasil yang paling mungkin dari pemilihan Prancis, Equityworld Futures investor akan mengalihkan perhatian mereka ke prospek suku bunga AS, Dahdah mengatakan. Sementara pejabat Federal Reserve dijadwalkan bertemu pada minggu pertama bulan Mei, sebagian besar pedagang tidak memperkirakan kenaikan suku bunga sampai setidaknya pada bulan Juni.

Penurunan emas juga menyeret saham bullion mining. Indeks BI dari 15 produsen bullion global terbesar merosot 2,3 persen, diliputi oleh kerugian di Gold Fields Ltd. dan AngloGold Ashanti Ltd.

Sumber: Bloomberg