PT. EQUITYWORLD FUTURES – Euro merosot terhadap dolar AS pada hari Kamis setelah pimpinan Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa pembuat kebijakan tidak membahas penghapusan pelonggaran bias bank terhadap kebijakan moneter, sementara dolar melonjak terhadap mata uang Swedia setelah Riksbank memperpanjang pembelian obligasinya.

Euro awalnya naik ke posisi sesi tinggi di level $ 1,0932 setelah pernyataan ECB,  yang dibacakan Draghi menyatakan bahwa pemulihan zona euro semakin solid dan risiko penurunan telah berkurang.

EQUITYWORLD FUTURES Namun bagian lain dari pernyataan tersebut dan tanggapan Draghi terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut menekankan hambatan yang masih dihadapi ECB sebelum memulai mengetatkan kondisi pembiayaan ultra-longgar yang dipertahankannya selama sembilan tahun.

Euro terakhir turun 0,3 persen terhadap dolar ke level $ 1,0866, mendekati posisi sesi rendah di level $ 1,0852.

Dolar terakhir berada 0,1 persen lebih tinggi terhadap yen ke level 111,18 yen setelah naik 0,5 persen ke level tinggi sesi di level 111,59.

USDJPY untuk sementara berada di level 111,79, dimana pada penutupan perdagangan kemarin berada di level 111,73. Untuk mata uang Australia, AUDUSD untuk sementara berada di level 0,7665, dibanding penutupan perdagangan kemarin di level 0,7657. Sedangkan yuan China atau USDCNY untuk sementara berada di level 6,8210 dibanding dengan penutupan perdagangan sebelumnya di level 6,7982.

Setelah mengalami tekanan yang cukup lumayan besar di perdagangan awal pekan kemarin, yen, dolar Australia dan yuan hari ini tampak tertatih-tatih menghadapi aksi ambil untung sesaat jelang data neraca perdagangan AS nanti malam.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam saingan utama, Equityworld Futures terakhir naik 0,2 persen menjadi 99,209.

Sumber: Reuters